SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Partai Demokrat (PD) membuka pintu koalisi dengan PDI Perjuangan menyongsong Pilpres 2014. PD tak masalah jika Puan Maharani didorong PDIP menjad kandidat capres atau cawapres yang diusung keduanya.

“Kan politik itu the art of possibility, ya bisa-bisa saja next time PD dan PDIP yang memimpin negara ini. Dengan syarat keduanya harus menjadi pemenang di Pileg yang akan datang,” kata Wakil Ketua FPD DPR Sutan Bhatoegana kepada detikcom, Kamis (27/12/2012).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Pandangan senada disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua. Menurut Max, kedatangan Taufiq Kiemas bersama putrinya Puan Maharani ke Istana Negara kemarin adalah simbol kuat akan adanya koalisi PD dengan PDIP di Pilpres 2014.

“Dan itu sah-sah saja kalau ada pembicaraan politik, tidak ada yang salah kalau misalnya Demokrat dan PDIP koalisi di Pilpres,” kata Max.

Tentang sosok Puan yang didorong oleh PDIP, Max menilai hal tersebut tidak masalah. Mungkin untuk saat ini popularitas Puan belum tinggi, tapi masih ada waktu untuk mendongkraknya.

“Persoalan kesiapan Puan itu saya pikir ada dua kacamata yang sangat berpengaruh yaitu dari Puan sendiri dan dari masyarakat. Kalau dari masyarakat mungkin belum siap, tapi itu akan tergambar ketika Puan menyampaikan programnya kemudian mendapatkan dukungan,” kata Max.

Taufiq Kiemas mengajak serta Puan Maharani menemui Presiden SBY di kantor Presiden di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/12/2012) kemarin. Dalam pertemuan tersebut Taufiq menyerahkan buku biografi 70 tahun perjalanan hidupnya.

Sejumlah pihak melihat pertemuan ini sangat bernuansa politik dan bagian dari rencana panjang Taufiq mempersiapkan masa depan politik anaknya. Menurut sejumlah sumber, Taufiq Kiemas sedang berupaya meningkatkan jam terbang politik Puan untuk diarahkan ke Pilpres 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya