SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SEMARANG--Sejumlah asisten atau pembantu rumah tangga (PRT) di Kota Semarang mempunyai cara unik untuk mengungkapkan dukungan kepada capres Jokowi dan cawapres Jusuf Kalla (JK). Mereka mengumpulkan uang recehan nominal Rp500 dan Rp1.000 hingga terkumpul Rp189.166 untuk disumbangkan ke rekening kampanye Jokowi-JK.

“Kami menyumbangkan uang recehan senilai Rp189.166 ke rekening Jokowi-JK sebagai bentuk dukungan menjadi presiden,” kata juru bicara PRT, Nur Khasanah saat mendatangi kantor Bank Mandiri di Jl. Pemuda, Kota Semarang, Senin (16/6/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedatangan Nur yang disertai sejumlah perempuan rekan sesama PRT lainnya ke Bank Mandiri untuk menyetorkan uang ke rekening kampanye Jokowi-JK.

Para PRT yang tergabung dalam serikat PRT Semarang datang dengan mengenakan kaos putih bergambar Jokowi-JK, sehingga menarik perhatian para pengunjung bank tersebut.

“Aksi ini juga dalam rangka memperingati Hari PRT Internasional pada 16 Juni,” imbuh PRT asal Jepara ini.
Menurut Nur, sumbangan donasi uang untuk mendukung kampanye Jokowi-JK merupakan inisiatif dari para PRT yang setiap hari menyisihkan uang recehan Rp500 dan Rp1.000.

“Ide untuk menyumbang uang ke rekening kampanye Jokowi-JK atas inisiatif rekan-rekan. Harapnya bila Pak Jokowi terpilih menjadi presiden peduli terhadap nasib para pembantu seperti kami ini,” bebernya.

Mengenai nilainya sumbangan yang Rp189.166, Nur menjelaskan mempunyai makna yakni 189 merupakan nomor Konvensi ILO tentang kerja layak PRT.

“Sedang 166 adalah tanggal 16 bulan 6 (Juni) yang merupakan Hari Pembantu Rumah Tangga se-Dunia,” imbuhnya.

Setelah selesai menyetorkan sumbangan uang dan mendapatkan bukti tanda slip setoran, para PRT meninggal kantor Bank Mandiri dengan naik angkutan kota.
Aksi para PRT tersebut mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya