SOLOPOS.COM - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus artis, Wanda Hamidah membacakan surat terbuka saat menghadiri Deklarasi Dukungan Jokowi-Jusuf Kalla oleh Facebookers Community for Jokowi (FCFJ) di Pasar Ngarsopuro Solo, Minggu (1/6/2014). Surat terbuka tersebut ditujukan kepada Iriana istri Jokowi. (JIBI/Solopos/Septian Ade Mahendra)

Solopos.com, JAKARTA — Politisi muda Wanda Hamidah resmi dipecat atau diberhentikan secara tetap sebagai kader Partai Amanat Nasional (PAN). Diduga pemecatan itu lantaran mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam Pilpres 2014.

Dugaan itu muncul berdasarkan foto sebuah surat bertuliskan pemberhentian tetap Wanda Hamidah sebagai kader PAN, yang diunggah Wanda di akun jejaring sosial Twitter miliknya, Senin malam. Dalam foto surat yang tidak sepenuhnya terekam kamera itu, terdapat sedikitnya tiga butir alasan menyangkut pemberhentian tetap Wanda sebagai kader PAN.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertama, DPP PAN menimbang bahwa sesuai Anggaran Rumah Tangga (ART) PAN Bab XVII Pasal 71 ayat (1) dinyatakan penentuan Calon Presiden dan/atau Calon Wakil Presiden yang diajukan partai dalam pemilihan Presiden/Wakil Presiden ditetapkan dalam Rakernas yang khusus dilakukan untuk itu.

Kedua, DPP PAN menimbang bahwa Rakernas PAN tahun 2014 yang dilaksanakan 14 Mei 2014 di Jakarta telah menetapkan saudara Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan saudara Hatta Rajasa sebagai Calon Wakil Presiden RI dalam Pilpres 2014.

Ketiga, DPP PAN menimbang bahwa Saudara Wanda Hamidah sebagai Kader PAN telah terbukti mendukung dan melakukan kampanye kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden bukan Hasil Keputusan Rakernas PAN Tahun 2014.

Hingga berita ini dilansir, Wanda belum memberikan pernyataan resmi atas kabar pemecatan dirinya. Namun Wanda dikabarkan akan menggelar konferensi pers untuk menjelaskan hal ini pada Selasa (16/9/2014) ini. “Insya Allah saya akan bicara kepada pers mengenai hal ini besok siang…,” tulis Wanda dalam akun Twitter-nya.

Dalam Pilpres 2014, Wanda Hamidah memang berbeda pandangan politik dengan PAN. Wanda memilih mendukung pasangan Jokowi-JK , ketimbang pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya