SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) dan kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kiri) mengikuti upacara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-41 PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jl. Raya Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (10/1/2014). Megawati Soekarnoputri meminta seluruh kader fokus mengantarkan PDI Perjuangan menjadi pemenang pemilu legislatif 2014 atau memperoleh suara minimal 20%. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan partainya baru akan mengumumkan figur yang akan diusung sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) setelah pemilu legislatif, April mendatang.

“Orang boleh saja—baik dari internal maupun dari eksternal—menyatakan atau membuat analisis-analisis soal siapa yang akan diusung jadi capres oleh PDI Perjuangan,” kata Megawati Soekarnoputri seusai upacara peringatan 41 tahun PDI Perjuangan di halaman parkir Kantor DPP PDI Perjuangan, di Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Megawati, dirinya telah berulang kali menegaskan bahwa sesuai dengan keputusan kongres PDI Perjuangan di Bali, pada 2010, yang menetapkan dirinya kembali menjadi ketua umum dan memberikan mandat penuh untuk menetapkan calon presiden. “Sesuai hasil kongres di Bali, saya sebagai ketua umum memiliki hak prerogatif untuk menetapkan calon presiden,” katanya.

Megawati menambahkan, pada rapat kerja nasional (rakernas) ketiga, pada September 2013, dirinya sudah menegaskan bahwa pengusungan calon presiden dari PDI Perjuangan akan dilakukan setelah pemilu legislatif. Pada kesempatan tersebut, PDI Perjuangan meminta kepada kader, simpatisan, maupun masyarakat umum untuk bersabar menunggu sampai waktu yang tepat.

Mantan Presiden Republik Indonesia ini menambahkan, kalau partai politik lain ada yang sudah mendeklarasikan calon presiden, tentu memiliki pertimbangan dan strategi sendiri. Sementara PDI Perjuangan, kata dia, juga memiliki pertimbangan dan strategi sendiri kapan akan mendeklarasikan calon presiden.

“Memilih orang untuk diusung sebagai calon presiden itu tidak mudah, karena dia akan memimpin negara besar yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia luar biasa,” katanya.

“Saya imbau kepada seluruh kader agar tdak terbawa situasi oleh arus di luar yang mendorong-dorong kita untuk segera mengumumkan siapa figur yang akan diusung sebagai capres,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Megawati juga mengingatkan seluruh kader untuk bekerja keras dan fokus menghadapi Pemilu Legislatif untuk memperoleh suara optimal. Dengan bekerja keras dan fokus, kata Megawati, maka diharapkan PDI Perjuangan bisa memperoleh suara melampaui 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya