SOLOPOS.COM - Foto Jokowi-JK yang diunggah @evndari, di retweet pula oleh akun JK

Harianjogja.com, BANTUL- Tokoh kyai Nahdatul Ulama di Bantul diklaim mendukung pasangan Capres-Cawapres Jokowi Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam pemilihan presiden (Pilpres) Juli mendatang.

Laskar santri NU Bantul yakin, dukungan kyai bakal berpengaruh besar pada keputusan warga NU memilih pasangan Jokowi-JK.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Koordinator Laskar Santri Bantul Subhan Nawawi mengatakan, sejumlah tokoh kyai di Bantul seperti Rois Syuriah PCNU Bantul KH Abdul Kholiq Syifa’, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Ngrukem Bantul KH Chudori Abdul Azis serta sejumlah tokoh ulama lainnya dipastikan mendukung pasangan Jokowi-JK yang berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bahkan menurut Subhan belum lama ini, sejumlah kyai berangkat ke Jakarta mengikuti musyawarah nasional (munas) untuk pemenangan Jokowi.

“Sejumlah tokoh kyai di Bantul mendukung Jokowi-JK saya rasa ini modal besar untuk meraup suara,” kata anggota DPRD Bantul dari Fraksi PKB itu Kamis (5/6/2014).

Menurut Subhan Nawawi, kultur warga NU sangat loyal terhadap sikap kyai atau ulama mereka. Mereka akan mengikuti pilihan kyai mereka.

Selain didukung oleh faktor di atas, beberapa kemiripan visi dan orientasi partai antara PKB dan PDIP menjadi alasan bagi warga Nahdliyin memilih pasangan Jokowi-JK.

Kemiripan kultur lainnya kata dia misalnya kebiasaan berziarah yang dilakukan warga NU dengan PDIP. “Alasan lainnya Jokowi itukan PDIP, PKB sebenarnya punya kemiripan misalnya lebih ke nasionalis,” tuturnya.

Pada Pilpres mendatang, Subhan menargetkan, 75% suara warga NU diberikan untuk Jokowi JK. Kini berbagai persiapan pemenangan telah dilakukan laskar santri guna menghadapi Pemilu Juli mendatang.

Ditambahkannya, kini tengah dibentuk laskar santri di tingkat kecamatan untuk menjadi benteng pemenangan Jokowi-JK. Upaya pemenangan Jokowi-JK bakal dilakukan melalui kegiatan-kegiatan ibadah yang kerap digelar warga NU seperti Mujahaddah atau Jumatan.

Kendati diklaim mendukung pasangan Jokowi-JK, Rois Syuriah PCNU Bantul KH Abdul Kholiq Syifa’ enggan memberi ketegasan. Menurutnya belum tentu semua kyai atau warga NU memenangkan pasangan Jokowi-JK. “Belum tentu juga, saya juga belum tahu [mendukung Jokowi-JK atau Prabowo-Hatta],” kata Abdul Kholiq Syifa’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya