SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa kabar mengenai adanya surat suara yang sudah tercoblos di perwakilan luar negeri adalah tidak benar atau hoax.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkyansyah, mengatakan hal tersebut sudah diklarifikasi oleh panitia pelaksana luar negeri (PPLN) bahwa tidak benar ada surat suara yang sudah tercoblos.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya perlu tegaskan dari hasil klarifikasi masing-masing PPLN. Mereka mengklarifikasi bahwa tidak benar susu [surat suara] yang sudah tercoblos dan susu yang hanya memuat satu paslon [pasangan calon] saja,”kata Ferry saat ditemui di Gedung KPU, Jakarta, (4/7/2014).

Sedangkan di dalam negeri, menurut Ferry Kurnia Rizkyansyah, kasus tersebut juga tidak ditemukan. Hal itu berbeda dengan surat suara rusak karena distribusi dan hal tersebut langsung cepat ditanggapi dengan menyediakan kembali logistik sesuai kuota.

“Tentunya kalau misalnya ada di daerah yang rusak seperti di Jawa Timur, langsung dipenuhi tim logistik kita yang berkordinasi dengan perusahaan pencetak surat suara,”katanya.

Menurutnya, rumor surat suara yang tercoblos di Jawa Timur itu tidak benar, karena surat suara rusak di tempat yang kebetulan pada gambar kandidat. “Kami meyakini tidak ada konteks tercoblos cuma mungkin rusak itu di area sensitif,”katanya

Sebelumnya, lembaga Migrant Care menyatakan menerima laporan bahwa ada surat suara tercoblos di perwakilan Cina Taipei. Laporan itu menyebutkan dalam surat suara yang dikirmkan lewat pos, tercoblos pasangan nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). KPU pun menegaskan bahwa kabar itu hoax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya