SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengusulkan kepada KPU pusat untuk segera memunculkan upaya “kampanye putih” guna mengimbangi pemberitaan media tertentu yang dinilai tidak netral.

“Kampanye putih saya kira penting dilakukan oleh KPU untuk meng-“counter” pemberitaan yang tidak netral dan seringkali berangkat dari rumor atau “gosip”,” kata Komisioner KPU DIY Faried Bambang Siswantoro, baru-baru ini.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Menurut dia, ia segera membuat surat usulan kepada KPU Pusat untuk dipertimbangkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kampanye Putih, menurut dia, dapat dimunculkan dengan bentuk iklan layanan masyarakat di media, atau melalui sarana lainnya.

Ia mengatakan pemberitaan di beberapa media massa saat ini justru tidak memiliki peran sama sekali sebagai pendidikan politik bagi masyarakat menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

“Persoalan itu memantik keprihatian yang dalam, karena beberapa media justru tidak melakukan pendidikan politik, melainkan pembodohan masyarakat,” kata dia.

Pemberitaan di media massa, menurut dia, dapat dianggap sebagai bentuk kampanye hitam, sebab dalam menyoroti keburukan atau kekurangan salah satu capres, sering kali tidak diimbangi ruang konfirmasi oleh capres bersangkutan.

“Bukan kampanye hitam, apabila dalam memberitakan kekurangan capres tertentu, juga ada ruang konfirmasi untuk yang bersangkutan secara berimbang,” kata Faried.

Meski demikian, ia menilai, apabila kampanye hitam terus digencarkan oleh media-media tertentu, maka justru akan menjadi “bumerang” bagi capres-cawapres yang didukung, serta memunculkan simpati bagi capres-cawapres lawan yang terus menerus dilecehkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya