SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemungutan suara ulang digelar di tempat pemungutan suara (TPS) 03 Pedukuhan Grigak, Desa Giripurwo, Kecamatan Giripurwo, Kamis (10/7/2014).

Langkah ini diambil karena jumlah surat suara di dalam kotak lebih banyak ketimbang jumlah orang yang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan presiden (pilpres) 9 Juli di TPS yang memiliki 390 daftar pemilih tetap (DPT) tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, jumlah pemilih dalam pemilihan ulang di Grigak berkurang 19 orang jika dibandingkan pilpres 9 Juli.

Hanya 300 orang yang menggunakan hak pilihnya dan suara terbanyak diperoleh pasangan Jokowi-JK dengan 198 suara dan Prabowo-Hatta sebanyak 101 suara dan satu suara tidak sah.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 3 Grigak, Slamet Sugeng, sesuai penghitungan suara mengucapkan permintaan maaf karena keteledorannya berakibat pada pemilihan ulang.

Peristiwa itu bermula saat pemungutan suara ditutup dan para petugas akan melakukan penghitungan surat suara di dalam kotak, Rabu (9/7/2014) siang. Ketika itu surat suara di dalam kotak dihitung terlebih dahulu untuk disamakan dengan daftar hadir pemilih yang menggunakan hak pilihnya sesuai dengan formulir C7.

Jumlah surat suara di dalam kotak mencapai 321 lembar, sementara pemilih yang hadir hanya 319 orang, sehingga didapati selisih dua lembar surat suara.

Tidak hanya itu, petugas kembali melakukan pengecekan di tiap lembar surat suara di dalam kotak dan ditemukan empat lembar surat suara yang tidak ditandatangani oleh KPPS, padahal dalam aturan jelas tercantum surat suara sah jika sudah ditandatangani oleh KPPS sebelum dicoblos dan dimasukkan ke dalam kotak suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya