SOLOPOS.COM - Ilustrasi (fokusjabar.com)

Solopos.com,JAKARTA — Meningkatnya partisipasi pemilih di luar negeri pada pilpres kali ini diprediksi juga akan ‘menulari’ pemilih dalam negeri dalam menggunakan hak pilihnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan optimis tingkat golput pada kali pilpres kali ini menurun, setelah melihat tren partisipasi pemilih di luar negeri yang mencapai empat kali lipat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Optimis partisipasi pemilih akan lebih dari 75 persen, karena partisipasi di Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan sangat signifikan. Berkisar dua hingga empat kali lipat,”jelasnya kepada wartawan di TPS 12, Pejaten, Jakarta, (9/7/2014).

Maka, dia yakin partisipasi pemilih di dalam negeri juga akan terkerek menembus partisipasi pemilih pada Pileg lalu. Seperti yang diketahui, tingkat golput pada pileg lalu mencapai 25% dari total jumlah pemilih tetap.

“Imbas dari tren itu, kami berharap di dalam negeri juga akan meningkat, partisipasi pemilih lebih dari 75 persen,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya