SOLOPOS.COM - Jokowi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Bursa Pilpres 2014 kian panas seiring dengan munculnya beberapa nama. andidat pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tercatat paling banyak diberitakan di media online dalam sepekan terakhir sepanjang 10-17 April 2014.

Lembaga survei Indonesia Indicator (I2) mencatat pasangan Jokowi-JK mendapat ekspos media sebanyak 4.756 berita selama 10-17 April 2014.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami mengamati pemberitaan di 292 media dalam jaringan (online) nasional dan daerah secara real time 24 X 7 X 36,” tutur Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang, Jumat (18/4/2014)

Rustika mengklaim kandidat pasangan Jokowi-JK merupakan figur paling tepat versi media.

Ekspedisi Mudik 2024

Awalnya, peneliti Indonesia Indicator mengambil tiga kandidat capres yang paling banyak diberitakan, yakni Jokowi, Prabowo dan Aburizal Bakrie dengan menggunakan mesin “text mining”.

“Kedua, I2 memilih tiga nama yang memiliki ekspos tertinggi dikomparasikan antar capres,” ujar Rustika.

Ketiga pasangan itu, yakni Jokowi-JK, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Abdurizal Bakrie-Wiranto.

Hasil pengamatan menunjukkan kandidat Jokowi-JK mendapatkan ekspos media online sebanyak 4.756 berita.

Pasangan ini mengalahkan pemberitaan Jokowi jika dipasangkan dengan Hatta Rajasa, Mahfud MD, Moeldoko, Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Akbar Tanjung, Ryamizard Ryacudu, Pramono Edhie dan belakangan menyusul Abraham Samad.

Data I2 menunjukkan tiga nama kandidat calon wakil presiden yang memiliki ekspos tertinggi yakni Jusuf Kalla (37%), Mahfud MD (22%) dan Hatta Rajasa (17%).

Rustika menuturkan JK secara pribadi memiliki keunggulan dalam ekspos, bahkan media menambahkan analisa dari sisi kualitatif.

Rustika mengungkapkan media massa memberikan analisa terhadap JK yang lebih diterima investor, memiliki pengalaman internasional dan memiliki kepedulian terhadap hak asasi manusia.

“Meski beberapa kalangan khawatir pasangan Jokowi-JK memunculkan ‘matahari kembar’,” ujar Rustika.

Pada kandidat capres Prabowo, nama bakal cawapres Hatta Rajasa menempati peringkat tertinggi dalam pemberitaan yang mencapai 35%.

I2 mencatat pemberitaan tentang kandidat capres Prabowo mencapai sebanyak 1.695 berita.

Beberapa nama bakal cawapres dikaitkan Prabowo yang ramai diberitakan, yaitu Mahfud MD, Dahlan Iskan, Gita Wirjawan dan Ahmad Heryawan.

Media online juga memberikan porsi pemberitaan bagi pasangan Prabowo – Mahfud MD sebanyak 23%, sedangkan jika berpasangan dengan Dahlan Iskan mendapatkan ekspos sebesar 21%.

Sementara itu, kandidat pasangan Aburizal Bakrie – Wiranto meraih pemberitaan sebesar 28%.

Pemberitaan mengenai bakal capres Aburizal Bakrie sebanyak 1.362 berita termasuk ekspos mengenai gangguan internal partai.

Nama bakal cawapres yang kerap muncul dibandingkan dengan Bakrie, yaitu Hatta dan Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya