SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja mengecat bagian depan dan atap Pagelaran Keraton Ngayogyakarta, Sabtu (14/12/2013). Sejumlah perawatan bangunan keraton menggunakan Dana Keistimewaan mulai dianggarkan. Di pengujung 2013 pengecatan pada Pagelaran Kraton Kasultanan Yogyakarta yang merupakan wajah depan Kraton Ngayogyakarta mulai dilaksanakan. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA-Meski Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menyatakan ketegasannya perihal pilres 2014, tetapi adik Sultan, GBPH Prabukusumo menuturkan calon presiden Joko Widodo atau biasa disapa dengan nama Jokowi seperti keluarga.

“Kalau pertemuan di Kraton Kilen berarti dianggap seperti keluarga,” kata GBPH Prabukusumo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, untuk sekelas tamu pemerintahan biasanya dijamu di Gedong Jene. Bangunan itu berada di dalam Kraton, tepatnya di selatan Bangsal Kencana.

Dalam kesempatan tersebut, pihak yang menerima rombongan Jokowi di Kraton Kilen ialah GKR Hemas, GKR Pembayun, GKR Condrokirono, dan GKR Bendara. KPH Yudanegara suami GKR Bendara juga turut terlihat sibuk dalam menyambut kedatangan Jokowi.

Jokowi sendiri mengatakan pertemuan di Kraton Kilen merupakan ajang silaturahmi. Sultan disebutnya bukan sekadar Raja ataupun gubernur, tetapi bapak budaya kebudayaan dan multikultur penjaga Indonesia. Selain itu, ia juga memohon restu kepada Sultan. Jogja, menurut dia, menjadi kota yang dikunjungi pertama kali karena menjadi simpul dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami menyerap filosofi Hamemayu Hayuning Bawono, bagaimana memanusiakan manusia,” ujarnya.

Sebelum bertemu Sultan, Jokowi terlebih dahulu blusukan ke Malioboro dan Pasar Beringharjo. Jokowi menyempatkan naik andong dari Pasar Bringharjo menuju Kraton Kilen. Selain itu, setelah bertemu Sultan Jokowi bertemu dengan para relawan di Gedung PDHI, Alun-alun Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya