SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dan Joko Widodo (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan  menerima dua tokoh calon presiden (capres) dalam kesempatan terpisah hari ini, Selasa (12/5/2014).

Keduanya adalah Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Mantan Pangkostrad itu akan datang bersama tokoh yang digadang-gadang menjadi calon wakil presiden (cawapres), yaitu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, Jokowi dijadwalkan diterima di Kantor Presiden, Jakarta, pada pukul 13.00 WIB. Belum diketahui materi yang akan dibicarakan dalam pertemuan Presiden SBY dengan capres dari PDIP ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun besar kemungkinan pertemuan ini terkait dengan pengajuan cuti Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta mulai Minggu (18/5/2014) dan majunya dia sebagai capres PDIP dalam Pilpres 2014.

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 18/2013, kepala daerah yang akan ikut dalam kampanye pilpres harus mengajukan cuti. Tenggat pengajuan adalah 12 hari sebelum pendaftaran presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan dibuka pada 18 Mei 2014.

Aturan tersebut juga diperkuat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 13/2009. Dalam aturan itu disebutkan izin cuti yang calon bersangkutan disetujui, maka akan keluar keputusan presiden (kepres). Sejak itu, gubernur dinyatakan nonaktif hingga KPU menetapkan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih.

Jokowi sendiri dalam beberapa kesempatan sudah menyampaikan akan menemui Presiden SBY terkait dengan permohonan cutinya itu. “Secara administratif, surat-surat [permohonan cuti] sudah saya sampaikan. Tapi, saya akan menemui presiden secara langsung untuk meminta izin cuti tersebut,” ujarnya berapa waktu  lalu.

Sedangkan Prabowo Subianto juga sudah mengajukan permohonan untuk bisa bertemu Presiden SBY sejak pengumuman hasil hitung cepat (quick qount) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. “Dalam waktu dekat, Pak Prabowo akan bertemu dengan beliau,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

Situs Setkab  Selasa (13/5/2014) melansir pertemuan antara Presiden SBY dengan Prabowo dan Hatta Rajasa akan dilakukan di kantor Presiden pukul 17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya