SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN – Polda DIY tengah bersiap kembali mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Berbagai persiapan sudah dimulai termasuk menyiapkan tim pengaman calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) demi terlaksananya rangkaian Pilpres yang aman dan tertib.

Terkait pengamanan calon, Wakapolda DIY, Kombes Ahmad Dhofiri menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan tim pengamanan khusus capres dan cawapres jika ada kegiatan kampanye di wilayah hukum Polda DIY.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Tim pengaman dibentuk dalam wadah satuan tugas tersendiri dan disiapkan dalam bentuk melekat dengan capres cawapres untuk melakukan pengawalan selama berada di DIY. Selain itu masih ada tim lain yakni tim lalulintas dan tim penutup dalam melakukan pengamanan.

“Kami dibagi dalam beberapa satgas termasuk satgas capres dan cawapres itu,” terangnya kepada wartawan usai gelar pasukan di Mapolda DIY, Senin (2/6/2014).

Terkait hal itu, ada dari sisi lalulintas, ada yang melekat, juga ada tim penutup yang akan dikoordinasikan dengan tim dari pusat. Ia mengakui, capres bisa memmbawa pengawal langsung dari pusat.

Secara umum, lanjutnya, pengamanan Pilpres 2014 mengacu pada pelaksanaan Pileg yang sudah berjalan. Pihaknya memetakan kerawanan mulai saat kampanye, hari tenang dan sampai pada pemungutan suara, karena tahapan itu masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Ia mencontohkan saat masa kampanye maka pihaknya akan mengantisipasi bertemunya massa kelompok pendukung. Tak terkecuali masa hari tenang yang biasanya dimanfaatkan untuk serangan fajar.

“Setiap tahapan semua perlu diwaspadai, tapi mudah-mudahan aman, artinya semoga Jogja seperti Pileg kemarin berjalan lancar kami optimistis pelaksanaan akan lebih baik dan kondusif. Karena beberapa TPS rawan sendiri sudah dapat diantisipasi saat Pileg,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya