SOLOPOS.COM - Joko Widodo-Jusuf Kalla (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA –– Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tidak akan bisa menyalip elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla apabila kubu Prabowo-Hatta tidak menghadirkan kejutan besar di tiga pekan terakhir menjelang Pemilu Presiden 9 Juli.

Berdasarkan hasil survei Cyrus Network, elektabilitas Prabowo-Hatta sebesar 41,1% sedangkan Jokowi-JK 53,6%. Selisih keduanya hanya 12,5%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, sebanyak 30% pemilih mempertimbangkan debat capres-cawapres yang dilaksanakan pertama kali tadi malam merupakan instrumen untuk menentukan pilihan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tapi, sayangnya performa Prabowo pada debat tadi malam di bawah ekspektasi, tidak seperti yang diharapkan. Sedangkan Jokowi, performa tidak istimewa, tapi di atas perkiraan dan unggul tipis di atas Prabowo,” ucap Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi dalam acara Pemaparan dan Diskusi Hasil Survei Nasional Peta Elektabilitas dan Peluang Capres dan Cawapres Jelang Pemilu Presiden 2014 bertempat di Resto D’ Consulate, Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Performa Prabowo dalam debat tadi malam yang tidak memenuhi harapan masyarakat membuatnya gagal  untuk mempengaruhi 30% pemilih yang memantapkan pilihan berdasarkan debat.

“Oleh sebab itu dalam waktu yang tinggal sisa tiga minggu ini kalau Prabowo-Hatta pola kampanyenya stagnan dan tidak ada kejutan besar yang telah disiapkan lama tidak akan membuat perubahan yang berarti,” tambah Hasan.

Angka akhir kompetisi antardua pasangan capres dan cawapres tersebut, lanjut Hasan, sudah dapat diprediksi sejak hari ini.

“Jokowi-JK bisa memperoleh angka sedikitnya 56,5%, sedangkan Prabowo-Hatta 43,5%. Nanti kita akan konfirmasi angka ini dengan hasil survei berikutnya yang dilaksanakan 10-15 Juni,” pungkasnya.

Survei ini dilakukan oleh Cyrus Network pada 25-31 Mei 2014 terhadap 1500 responden dari 33 provinsi dengan margin error 2,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya