SOLOPOS.COM - Pasangan Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla menyampaikan visi dan misi mereka saat Debat Capres-Cawapres di Jakarta, Senin (9/6/2014).(JIBI/Solopos/Antara)/Prasetyo Utomo)

Solopos.com, JAKARTA– Pilpres 2014 kian dekat. Cyrus Network–lembaga survei–telah merilis hasil survei Pilpres 2014 terbaru. Berdasarkan survei yang dirilis oleh Cyrus Network, pasangan capres Joko Widodo dan cawapres Jusuf Kalla memperoleh suara lebih tinggi dari lawannya Capres Prabowo Subianto dan cawapres Hatta Rajasa di wilayah Jawa dan Sumatra.

Untuk wilayah Jawa, Jokowi-JK unggul dengan perolehan suara 31,7% dibanding Prabowo-Hatta yang mendapat 24,3%.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Untuk wilayah Sumatra, Jokowi-JK mendapat 10,9% sedangkan Prabowo-Hatta mendapat 8,4%. Untuk wilayah lain, capres dan cawapres bernomor urut 1 memperoleh 8,4% sedangkan capres dan cawapres bernomor urut dua mendapat 11%.

Sedangkan untuk responden pemilih berdasarkan suku, Jokowi-JK menang atas Prabowo-Subianto dengan responden suku Jawa. Jokowi-JK mendapat suara sebesar 27,8%, Prabowo-Hatta 19,4%.

Namun dari responden bersuku Sunda yang terpusat di Provinsi Jawa Barat dan Banten, Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan 7,4% dari Jokowi-JK yang mendapat 6,4%.

Untuk suku lainnya, Prabowo-Hatta mendapat 14,3% lebih rendah dibanding Jokowi-JK yang mendapat suara 19,4%.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK Anies Baswedan mengatakan Provinsi Jawa Barat dan Banten akan mendapat perhatian khusus.

“Jabar dan Banten perlu perhatian khusus dan serius. Di sana pasangan Prabowo-Hatta unggul walaupun tipis. Kita ingin unggul di semua di wilayah dengan jumlah penduduk yang besar,” ucap Anies saat menghadiri acara rilis hasil survei Cyrus Network di Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Survei tersebut dilakukan oleh Cyrus Network pada 25-31 Mei 2014 terhadap 1500 responden dari 33 provinsi dengan margin error ±2,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya