SOLOPOS.COM - Pasangan Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla menyampaikan visi dan misi mereka saat Debat Capres-Cawapres di Jakarta, Senin (9/6/2014).(JIBI/Solopos/Antara)/Prasetyo Utomo)

Solopos.com, JAKARTA–Hasil survei Pilpres yang diselenggarakan oleh Cyrus Network ditanggapi beragam oleh kedua kubu capres. Kubu Jokowi-JK senang dengan hasil survei tersebut. Ini berbeda dengan kubu Prabowo-Hatta. (Baca Juga: Hasil Survei Cyrus: Inilah Elektabilitas Prabowo dan Jokowi, Survei Berdasarkan Lokasi, Prabowo Sulit Salip Jokowi)

Kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tak menggubris hasil survei Cyrus Network yang merilis perolehan mereka masih jauh dibawah pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Mahfud MD secara terang-terangan bahwa survei tersebut telah berpihak ke Jokowi, dan memang dikenal sebagai survei yang melambungkan nama Jokowi.

“Cyrus itu kan punyanya Jokowi sejak dulu. Kalau saya tidak percaya sama Cyrus, sama lingkaran survei saya tidak pernah percaya.,” kata Mahfud di Posko Pemenangan Rumah Polonia, Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam survei yang dilakukan 25-31 Mei 2014 itu, pasangan Prabowo-Hatta mencapai 38,8%  dan Jokowi-Kalla 51,6%. Cyrus Network juga mensurvei pascadebat capres cawapres yang digelar kemarin malam, dimana Prabowo-Hatta 41,1% dan Jokowi-Kalla 53,6%.

Menurut Mahfud, dalam survei internal yang dilakukan, pasangan Prabowo-Hatta tetap mengungguli Jokowi-Kalla, bahkan di seluruh Indonesia. Hasil rilis internal itu akan dipublikasikan Kamis depan.

“Kita menang, kita sudah punya pemetaan bahkan per wilayah kabupaten menang,” klaim Mahfud.

Sementara Hatta Rajasa saat dimintai tanggapan enggan berkomentar. Ia hanya mengucapkan selamat kepada pasangan Jokowi-Kalla. “Selamat ya, selamat,” kata Hatta singkat.

Kubu Jokowi

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK Anies Baswedan mengaku senang dengan hasil survei Cyrus Network yang dipaparkan oleh Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi.

Secara garis besar, pasangan Jokowi-JK lebih unggul dari pasangan Prabowo-Hatta. Dari survei Cyrus Network terakhir, elektabilitas pasangan bernomor urut dua tersebut mencapai 53,6%, unggul dari sang lawan yang sebesar 41,1%.

“Kami senang melihat ternyata pilihan masyarakat menguat ke Jokowi-JK. Tapi, usaha kita tidak boleh selesai di sini, tunggu tanggal 9 Juli nanti,” ucap Anies saat menghadiri acara rilis hasil survei Cyrus Network di Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Walaupun secara umum pasangan Jokowi-JK unggul dari Prabowo-Hatta, Anies mengatakan timnya akan berusaha untuk memenangkan semua aspek. Dari karakter utama calon presiden, Jokowi dianggap kurang tegas dibandingkan Prabowo.

Begitu pula dengan hasil survei berdasarkan suku responden, responden bersuku Sunda lebih memilih Prabowo-Hatta dibanding Jokowi-JK.

“Jawa Barat dan Banten perlu perhatian khusus, di sana Prabowo-Hatta unggul walaupun tipis, kita ingin unggul di semua daerah. Kita juga ada strategi dengan menunjukkan karakter tegas Pak Jokowi, contohnya keputusan beliau ditentang tapi jalan terus,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya