SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Elektabilitas Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, semakin jauh tertinggal dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi. Akankah Mega merestui pencapresan Jokowi di Pilpres 2014?

Dalam survei yang dirilis Alvara, elektabilitas Jokowi teratas menyentuh 42,5%. Sedangkan elektabilitas Mega sangat jauh di bawah itu yakni hanya meraih 24% responden.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Elite PDIP mensyukuri tingginya elektabiltias Jokowi yang stabil selama setahun terakhir. Namun pada akhirnya pencapresan Jokowi memang sangat bergantung kepada restu Mega.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mbak Mega akan mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana. Karena kongres memberikan kewenangan ke Mbak Mega,” kata Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait kepada Detik, Sabtu (8/2/2014).

Memang kabarnya di internal PDIP ada beberapa skenario pencapresan antara lain duet Jokowi-Puan Maharani, duet Mega-Jokowi, dan Jokowi dengan tokoh profesional. Namun pada akhirnya, Mega yang paling menentukan.

Menurut Maruarar, selama ini Mega juga sudah sukses memilih sejumlah calon kepala daerah. Sejumlah nama yang diusung PDIP juga sukses di pilkada. Dia yakin Mega juga tak akan salah pilih siapa yang bakal diusung di Pilpres 2014.

“Dulu kan Jokowi , Ganjar, kan yang memutuskan Mbak Mega juga. Itu kan keputusan visioner. Terbukti mereka berhasil bisa menang. Jadi saya yakin Mbak Mega akan mengambil kebijakan yang tepat,” kata Maruarar.

Berikut tingkat elektabilitas capres per Januari 2014, berdasarkan survei Alvara yang dirilis Jumat (7/2/2014):

1. Joko Widodo: 42,5 persen
2. Prabowo Subianto: 13,7 persen
3. Aburizal Bakrie: 7,9 persen
4. Wiranto: 3,8 persen
5. Megawati: 2,4 persen
6. Dahlan Iskan: 1,7 persen
7. Hatta Rajasa: 1,5 persen
8. Jusuf Kalla: 1,5 persen
9. Mahfud mD: 1,1 persen
10. Rhoma Irama: 0,9 persen
11. Gita Wirjawan: 0,7 persen
Belum tahu: 19,1 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya