SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO—Dukungan bagi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi calon presiden 2014 semakin menguat di kalangan masyarakat Kota Bengawan.

Hal itu terungkap dalam diskusi umum masyarakat Solo dengan tema Mencari Sosok Presiden Indonesia 2014 yang digelar Forum Indonesia Baru (FIB) di Pendapa Sriwedari, Solo, Sabtu (22/2/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari kuisioner yang dibagikan kepada peserta di antaranya tokoh masyarakat, LPMK serta karang taruna tentang sosok presiden 2014, hampir 90% memberi dukungan kepada mantan Wali Kota Solo maju dalam bursa presiden.

Mereka bahkan menilai Jokowi sosok yang pas memimpin bangsa ini. Hadir sebagai pembicara, pengusaha tingkat nasional David Nababan dan Dosen Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Drs. Sri Hastjarjo PhD.

Ketua FIB, M. Thoriq ketika dijumpai di sela-sela acara mengatakan mayoritas perwakilan warga menghendaki Jokowi maju sebagai Presiden. Nama Jokowi mengalahkan calon lainnya seperti Megawati Soekarno Putri, Prabowo Subianto, Wiranto, Hatta Rajasa, Gita Wiryawan, Rhoma Irama, Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Dahlan Iskan, Surya Paloh, Mahfud MD dan lainnya.

“Diskusi ini kami ingin melihat sejauh mana keinginan dan harapan warga akan calon presiden yang dikehendaki. Dan ternyata mayoritas menghendaki Jokowi sebagai Presiden,” ujarnya.

Dia mengatakan tidak hanya di Solo yang memang asal Jokowi berada yang menghendaki sebagai Presiden. Namun dari hasil diskusi serupa yang digelar di Pontianak, Mataram, Denpasar, Banjarmasin, Jakarta dan Padang menghendaki Jokowi menjadi Presiden. “Jadi bukan dari Solo saja, tapi dari luar Solo,” katanya.

Dukungan ini, lanjutnya, murni muncul dari kalangan akar rumput non partai manapun. Masyarakat meminta Jokowi sebagai calon presiden pada 2014.

Dosen Komunikasi UNS, Drs. Sri Hastjarjo PhD mengatakan dukungan Jokowi menjadi Presiden memang semakin menguat  di tataran masyarakat. Figur Jokowi dengan gaya kepemimpinan apa adanya mampu menarik perhatian masyarakat. Meski ada sebagian yang beranggapan bahwa apa yang dikerjakan Jokowi semata-mata hanya untuk pencintraan.

“Tapi masyarakat bisa menilai mana yang pencitraan dan yang bukan. Sosok atau figur Jokowi inilah yang mengalahkan semua,” tuturnya.

Apalagi, dia menambahkan hampir seluruh hasil survei yang dilakukan lembaga survei menyatakan nama Jokowi unggul dari calon presiden lainnya. Popularitas dan elektabilitas Jokowi sangat tinggi.

Pengusaha tingkat nasional, David Nababan mengatakan kinerja Jokowi dalam menata Jakarta sudah terlihat. Ada perubahan yang digarap mantan Wali Kota Solo ini. Masyarakat, kata dia, mencari sosok atau figur Presiden yang jujur, sederhana, merakyat, adil dan mampu menciptakan rasa nyaman dan aman.
“Nah sosok ini ada pada diri Jokowi, dengan gaya khasnya yang suka blusukan dari kampung ke kampung,” tuturnya.

Perwakilan warga Tipes, Serengan, Ferry berharap agar Jokowi dijadikan capres 2014 dari PDIP. Pihaknya berharap ini menjadi masukan bagi PDIP khususnya Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri agar memperhatikan aspirasi masyarakat tingkat bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya