SOLOPOS.COM - Koordinator Umum Gusdurian Jawa Tengah Hussein Syifa (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO Koordinator Umum Gusdurian Jawa Tengah Hussein Syifa menyatakan pemerintahan di Indonesia saat ini telah dikuasai oleh elite-elite politik tertentu. Hal itu merupakan bentuk politik oligarki di mana setiap pengambilan keputusan penting dikuasai oleh sekelompok elite penguasa partai politik.

Fenomena itu menyebabkan jabatan pimpinan partai politik (parpol) menjadi rebutan banyak pihak. Padahal, Hussein menyebut saat ini tidak ada partai politik yang benar-benar bersih. Buktinya dari 524 kepala daerah di Indonesia, 318 di antara mereka terjerat kasus hukum

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau demikian yang terjadi, ini sistemnya yang salah atau orangnya yang salah? Padahal kalau melihat Indonesia yang dikenal sebagai negara agamis, pastilah hal yang demikian tidak akan terjadi,” kata Hussein dalam Seminar Lintas Kultural Mempererat Persaudaraan Kebangsaan dan Hubungan Lintas Kultural dalam Menghadapi Pilpres 2014 di Grha Soloraya, Jl.Slamet Riyadi No.1, Jumat (16/5/2014).

Seminar itu diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Lintas Kultural (FKLK) Solo. Ketua FKLK Solo Andreas Mulud Yudyanto mengatakan selain menghadirkan Hussein Syifa, seminar juga diisi oleh akademisi dari IAIN Solo Ahmad Hafidh dan Pendeta Gembala Gereja Pondok Daun Telukan Samuel Sriyoko. “Seminar diikuti 125-an peserta yang berasal dari unsur mahasiswa dan masyarakat,” kata dia.

Dalam seminar itu, Hussein mengungkapkan kenyataan bahwa Indonesia saat ini membutuhkan manusia berkepribadian baik untuk terjun ke dunia politik. Hal itu disebabkan demokrasi saat ini tidak memiliki alat kontrol yang jelas.

“Inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita, untuk jeli memilih siapa presiden kita yang akan datang. Bukan asal memilih untuk lima tahun ke depan. Demokrasi kita tanpa kontrol jelas. Mau mengkritisi apa kalau tak punya analisis yang jelas,” ungkap Hussein.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya