SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

eric 2Eric “Winkle” Brown (BBC)Eric “Winkle” Brown, salah seorang pilot paling dihormati dalam sejarah penerbangan militer Inggris meninggal dunia pada usia 97 tahun. Dia meninggalkan sejumlah rekor yang sepertinya tidak akan bisa dipecahkan oleh siapapun.

Pilot  ini meninggal Rumah Sakit Surrey East setelah sakit singkat. Selama Perang Dunia II, Kapten Brown, yang lahir di Leith pada 1919, terbang dengan pesawat tempur dan menyaksikan pembebasan kamp konsentrasi Bergen Belsen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pilot, yang telah mendapat MBE, OBE dan CBE (penghargaan tertinggi pilot Inggris) pemegang tiga Guinness World Records, termasuk dalam pendaratan di kapal induk dan jenis pesawat yang diterbangkan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dengan rasa duka kami mengumumkan bahwa Kapten Eric Melrose Brown CBE DSC AFC telah meninggal dunia,” bunyi rilis keluarga yang dikutip BBC, Senin (22/02/2016).

Kapten Brown dididik di Fettes College dan Universitas Edinburgh, di mana ia belajar terbang. Dia terbang pertama pada usia delapan ketika ayahnya, seorang pilot di Royal Flying Corps selama Perang Dunia I, membawanya dalam pesawat bi plane. “Tidak ada kursi kedua, tapi aku duduk di pangkuannya dan dia membiarkan saya menangani tongkat,” katanya kepada BBC pada tahun 2014. “Itu menggembirakan. Anda melihat bumi dari sudut pandang yang sama sekali berbeda.”

Dia pensiun dari Royal Navy pada tahun 1970 tetapi kemudian menjadi Direktur Jenderal British Helicopter Advisory Board dan kemudian menjadi Presiden Royal Aeronautical Society pada 1982.

Selama kariernya dia mengalami sejumlah peristiwa luar biasa yang sulit disamai. Dia telah terbang dengan 487 jenis pesawat. Rekor dunia yang tidak mungkin untuk disamai. Selain itu dia melakukan 2.407 pendaratan di kapal induk. Dia juga selamat dari 11 kecelakaan pesawat. KEtika kapal HMS Audicity tenggelam pada 1941 dia juga ada di kapal itu dan selamat.

Selain ikut membebaskan kamp konsentrasi Nazi Bergen Belsen, Brown juga ikut mengintrograsi beberapa tokoh Nazi terkemuka setelah perang, termasuk Heinrich Himmler, Hermann Goering dan kepala penjaga Belsen Josef Kramer serta Irma Grese

Pada tahun 2014, veteran perang ini diangkat sebagai subjek untuk edisi 3000 dari Desert Island Disc, di mana ia digambarkan oleh presenter Kirsty Young sebagai “real life hero” atau pahlawan hidup sebenarnya  dan “remarkable, dare-devil” alias setan yang luar biasa berani. “Ketika Anda membaca kisah hidupnya,  itu akan membuat James Bond terlihat sebagai sosok yang sedikit pemalas,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya