SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Calon kepala desa (cakades) terpilih di Wonogiri sekitar 56% atau 51 orang di antara 91 cakades terpilih merupakan wajah baru. Sisanya atau sekitar 46% merupakan wajah lama atau incumben sejumlah 40 orang.

Dari 51 cakades baru itu, 11 di antaranya adalah perempuan. Pelantikan cakades terpilih akan dilakukan 8 Mei mendatang di Pendapa Kantor Bupati Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penegasan itu disampaikan Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Wonogiri, Sriyono di Graha Informasi, Kantor Pemkab
Wonogiri saat mengumpulkan 91 cakades terpilih, Jumat (12/4/2013). Para cakades terpilih saat itu diminta mengisi biodata untuk penerbitan surat keputusan (SK) mereka.

“Pelaksanaan pilkades tahap pertama tahun ini berjalan lancar. Mereka dilantik 8 Mei mendatang. Dari 91 cakades terpilih, sebanyak 51 orang wajah baru,” ujarnya.

Kepada para cakades terpilih, Sriyono meminta melakukan persiapan dan menyiapkan kelengkapan pelantikan. Mulai dari seragam hingga acara serah terima jabatan di desanya masing-masing. Sriyono menyatakan, semakin banyaknya perempuan menduduki jabatan tertinggi menunjukkan emansipasi wanita di Wonogiri telah dipahami oleh masyarakat.

Dia berharap, semua pemimpin perempuan di desa tidak kalah lincah dengan kades pria, baik dalam membangun wilayah maupun tertib administrasi. “Kami mengakui ada yang tidak puas melihat hasil pilkades kemarin. Cakades terpilihlah yang merangkul yang tidak puas. Apabila yang tidak puas ingin mengajukan gugatan silahkan saja namun tidak akan menghalangi proses pelantikan.”
Sriyono mengatakan, pilkades tahap II akan dilakukan November mendatang di 15 desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya