SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

PURWANTORO–Ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 11 April mendatang dipastikan akan menjadi pertarungan mantan kepala desa (kades). Informasi yang dihimpun Solopos.com di sejumlah desa, sebagain besar pilkades diikuti mantan kades.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Kecamatan Purwantoro misalnya, lima dari enam pilkades di Desa Joho, Sumber, Kenteng, Ploso, Sendang dan Sukomangu dikabarkan bakal diikuti mantan kades. Hanya pilkades di satu desa yang tidak, sebab mantan kades telah dua kali menjabat. Hal serupa terjadi di Kecamatan Jatiroto, di mana tiga dari empat desa yang menyelenggarakan pilkades akan diikuti mantan kades.  Di Selogiri, dua desa yang menghelat pilkades semuanya diikuti mantan kades.

Menurut Kepala Seksi Pembangunan, Surahman, mewakili Camat Purwantoro, Khamid Wijaya, awal pekan kemarin, keinginan mantan kades untuk melanjutkan pemerintahan pada periode kedua menunjukkan jabatan kades masih diminati masyarakat. Selain itu, keyakinan mantan kades untuk maju lagi biasanya juga didorong desakan warga yang menginginkan mantan pemimpin mereka menuntaskan pembangunan yang telah berjalan satu periode.

Kendati kabar akan majunya mantan kades sudah tersiar, dia mengatakan sampai saat ini calon kades yang mendaftar masih sedikit. Dia menduga pendaftaran akan dilaksanakan dua hari terakhir, Rabu-Kamis (13-14/3/2013). Saat ini, Surahman mengungkapkan sejumlah calon kades yang belum mendaftar itu masih mengumpulkan berkas persyaratan.

Mengenai keikutsertaan mantan kades, Camat Jatiroto, Panji Tito Yuwono, menyebutkan hal itu wajar. Sebab, banyak masyarakat berpendapat masa kepemimpinan satu periode belum cukup untuk merampungkan program kerja. Di Jatiroto, mantan kades diperkirakan akan meramaikan pilkades tiga desa, yakni Desa Guno, Boto dan Dawungan.

Seperti Suharman, meski pun kabar akan maju lagi sudah tersiar, Panji juga mengakui sampai saat ini belum banyak calon kades yang mendaftar.

“Yang jelas mereka masih menunggu sambil memetakan kekuatan lawan. Tapi saya yakin peminat jabatan kades ini tetap banyak. Mungkin nanti pada dua hari menjelang penutupan baru banyak yang mendaftar,” beber Panji.

Sementara itu di Selogiri, mantan kades Gemantar sudah mendaftarkan diri. Camat Selogiri, Bambang Haryanto, mengungkapkan selain di Desa Gemantar, mantan kades juga dikabarkan akan maju lagi di Desa Singodutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya