SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Kampanye calon kepala desa (kades) jelang pemilihan kepala desa (pilkades) tahap III, dihelat setelah pengundian nomor urut dan tanda gambar, Selasa (18/12/2012) ini. Masing-masing calon kades diberi waktu 15 menit untuk menyampaikan visi dan misinya.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, saat ditemui Solopos.com, di Ruang Humas Setda Wonogiri, Senin (17/12/2012), mengatakan sesuai jadwal 194 calon kades akan menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan pemilih di balaidesa masing-masing Selasa. Sebelum kampanye, masing-masing calon kades harus mengambil undian nomor urut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Rencananya akan dimulai jam 08.00 WIB, diteruskan kampanye sampai pukul 16.00 WIB,” kata Sriyono.

Menurutnya, tidak seperti debat calon pemilihan kepala daerah (pilkada) lain yang dilengkapi sesi tanya jawab, kampanye pilkades dikemas lebih sederhana. Calon kades hanya diminta memberi visi dan misi selama 15 menit.

Diharapkan, mereka bisa memanfaatkan waktu terbatas itu untuk menyampaikan rencana kerja jika terpilih menjadi kades. Setelah penyampaian visi dan misi, Sriyono menambahkan calon kades boleh melakukan kampanye dengan menempelkan sejumlah tanda gambar dan nomor urut calon kades bersangkutan di seluruh penjuru desa. Sriyono menyadari waktu calon kades memang sempit. Untuk itu, mereka harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin guna menarik simpati pemilih.

Lebih jauh, Sriyono mengingatkan agar calon kades tidak melakukan pengerahan massa secara berlebihan. “Jangan ada konvoi atau semacamnya. Waktu kampanye sebaiknya dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan menempel foto atau tanda gambar atau nomor urut sesuai hasil undian,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya