SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkades. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi Pilkades. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI--Pesta demokrasi tingkat desa segera dimulai. Bagian Pemerintaan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri menetapkan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 91 desa di 24 kecamatan akan dimulai 1 Maret 2013 dengan agenda pembentukan panitia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian (Kabag) Pemdes Setda Wonogiri, Sriyono, menjelaskan tanggung jawab pembentukan panitia berada di tangan ketua Badan Permusyawaraan Desa (BPD) di masing-masing desa. Selanjutnya camat akan mengesahkan panitia pilkades atas nama Bupati Wonogiri.

“Tahapan akan dimulai 1 Maret, dimulai dengan pembentukan panitia pilkades. Informasi soal tahapan ini sudah kami sampaikan ke kecamatan agar ditindaklanjuti ke desa,” kata Sriyono, kepada Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Sebelumnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Sriyono mengungkapkan penyampaian informasi diberikan dua pekan sebelum tahapan dimulai untuk menyiapkan masyarakat di akar rumput. Apalagi, belum lama ini sempat beredar wacana pelaksanaan pilkades mundur.

Dengan ditetapkannya tahapan Pilkdes Tahap I tahun 2013 ini, dia berharap masyarakat segera menyesuaikan diri. Terutama bagi mereka yang berniat mencalonkan diri sebaga kepala desa (kades). Lebih jauh, Sriyono menyebut tahapan berikutnya setelah pengesahan panitia adalah pengumuman kekosongan kades dan pendaftaran kades dengan syarat dan ketentuan berlaku. Masa pendaftaran dibuka hanya selama sepekan, pada 7-14 Maret.

Pendaftaran akan dilanjutkan penjaringan pendaftaran dan penelitian berkas lamaran bakal calon. Sedangkan bakal calon yang memenuhi syarat akan diumumkan ke publik 27 Maret-5 April.
“Khusus bagi desa yang tidak ada pendaftarnya ada masa perpanjangan pendaftaran pada 15 Maret. Mengingat pendeknya waktu, kami minta masyarakat yang berniat maju pemilihan kades segera menyiapkan diri,” tegasnya.

Sriyono melanjutkan pemungutan suara dijadwalkan 11 April 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya