SOLOPOS.COM - Bundaran Patung Pandawa di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo. (JIBI/SOLOPOS/Rohmah Ermawati)

Bundaran Patung Pandawa di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo. Warga di kawasan elite Solo Baru yang masuk ke dalam administrasi pemerintahan desa setempat diperkirakan tak banyak berpartisipasi dalam Pilkades mendatang karena merasa tak punya keterikatan dengan desa. (JIBI/SOLOPOS/Rohmah Ermawati)

SUKOHARJO – Panitia Pilkades Langenharjo menilai warga mereka di Kawasan Solo Baru kurang memberi perhatian dalam proses Pilkades yang akan digelar Senin (3/12/2012) mendatang. Hal itu mereka simpulkan dari minimnya animo warga Solo Baru dalam Pilkades enam tahun silam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Ketua Panitia Pilkades Langenharjo, Sabar Sutardi, 64, ketika ditemui Solopos.com Rabu (28/11/2012) siang, mengatakan warga Solo Baru kadang kurang memperhatikan aspek-aspek pemerintahan daerah seperti kades karena mereka tak mempunyai kepentingan langsung dengan kades terkait. Warga Solo Baru, kata Sabar, kurang memiliki hubungan emosional dengan masyarakat di sekitarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mereka [warga Solo Baru] itu kebanyakan adalah kaum pekerja atau orang-orang bisnis. Jadi, menurut saya berat mengharapkan mereka datang saat Pilkades. Apalagi, hari pencoblosan bertepatan dengan hari Senin. Pasti mereka lebih mementingkan pekerjaan mereka,” ungkap dia. Menurutnya, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Langenharjo yang tinggal di Solo Baru berjumlah sekitar 1.500 orang. Enam tahun lalu, imbuh dia, hanya sekitar 500 orang saja yang memberikan suara mereka dalam Pilkades. Tetapi, ia masih memiliki harapan kepada warga di tiga dusun lain untuk meramaikan Pilkades dan memenuhi kuorum yang ditentukan dalam Perda No 3/2006.

“Ada tiga calon yang akan bersaing merebut simpati 6.115 warga. Mereka adalah Sunarwan [incumbent], Hartono [warga Dukuh Tlobang] dan Sugiman Madyo Utomo [warga Dukuh Langenharjo]. Sekarang mulai hangat. Kemarin kami juga sudah mempersilakan para calon memasang media publikasi. Tetapi kami beri batasan, Minggu [2/12/2012], semua sudah bersih,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Grogol, Agustinus Setiyono, 47, kepada Solopos.com mengatakan pihaknya akan kembali mengajak warga Solo Baru untuk berpartisipasi aktif dalam pilkades besok. Ia berencana bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat di sana untuk mengajak warganya memilih di balaidesa setempat. “kalau perlu, besok kami akan mengumumkan pilkades lewat pengeras suara di masjid-masjid yang ada di Solo Baru,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya