SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkades (Dok/JIBI)

Pilkades Sukohajo yang digelar 9 Desember lalu disambut antusias masyarakat.

Solopos.com, SUKOHARJO – Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 13 desa di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (9/12/2016), diperkirakan lebih dari 80 persen dari jumlah total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 44.555 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tingginya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkades itu diduga dipengaruhi faktor kedekatan emosional antara calon kepala desa (cakades) dengan pemilih. Masyarakat desa dinilai sangat mengenal masing-masing cakades yang bersaing pada Pilkades.

“Diperkirakan persentase tingkat partisipasi pemilih Pilkades antara 70 persen hingga 80 persen. Masyarakat sangat antusias saat pelaksanaan Pilkades serentak. Kondisi serupa juga terjadi saat pilkades serentak yang diikuti 120 desa pada 2012 silam,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sukoharjo, Gunawan Wibisono, Jumat (9/12/2016).

Unsur kedekatan emosional antara pemilih dengan setiap calon berpengaruh pada kenaikan tingkat partisipasi pemilih. Hal ini terbukti di sejumlah desa di wilayah pinggiran yang menggelar event demokrasi terbesar di desa seperti di Desa Kayuapak dan Jatisobo, Kecamatan Polokarto. Persentase tingkat partisipasi pemilih mencapai lebih dari 80 persen.

Sekretaris panitia Pilkades Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Belva Hendry Lukmana, mengatakan jumlah DPT Pilkades Jatisobo sebanyak 3.742 orang. Sementara jumlah suara sah yang tersebar di sejumlah lokasi TPS sebanyak 3.340 orang. Artinya, jumlah pemilih yang tak menggunakan hak pilihnya pada Pilkades hanya sebanyak 402 orang.

Kemungkinan besar pemilih yang tak menggunakan hak pilihnya merupakan kaum boro. Mereka memilih tak pulang kampung lantaran bekerja di daerah perantauan.

“Tingkat partisipasi pemilih di Desa Jatisobo sekitar 90 persen. Saat Pileg 2014, tingkat partisipasi pemilih kurang dari 80 persen,” papar dia.

Tingginya partisipasi pemilih pilkades serentak juga terjadi di Desa Kayuapak, Kecamatan Polokarto. Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 2.655 orang yang tersebar di lima lokasi TPS. Sedangkan jumlah DPT Pilkades sebanyak 3.087 orang. Artinya, persentase tingkat partisipasi pemilih pada Pilkades mendekati 90 persen.

Tak sedikit warga yang rela pulang ke rumah dari kantor saat jam istirahat. Mereka mengambil undangan pemilih dan langsung menuju lokasi TPS,” kata seorang pengawas panitia Pilkades Kayuapak, Santosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya