SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Nadhiroh)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Nadhiroh)

SUKOHARJO — Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Sukoharjo tinggal dua hari lagi. Sejumlah persiapan dilakukan oleh para panitia pilkades guna mensukseskan pesta demokrasi itu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, misalnya. Hingga H-2 Pilkades, panitia Pilkades Cemani masih berkeliling di berbagai sudut jalan di dusun-dusun di Cemani untuk mengajak warga ikut berpartisipasi dalam pilkades. Panitia berkeliling menggunakan mobil yang dilengkapi dengan pengeras suara.

Ketua panitia pilkades Cemani, Budi Waluyo, mengatakan dari dalam mobil tersebut, panitia megajak kepada warga untuk ikut berpartisipasi dalam pilkades yang berlangsung di Balaidesa Cemani, Senin (3/12/2012) mendatang. “Warga Cemani jumlahnya paling banyak di antara desa-desa lain yang mengikuti pilkades. Data pemilih tetap (DPT) di Cemani saja mencapai 16.778 orang,” ujar Budi saat ditemui wartawan di kantor Desa Cemani, Jumat (30/11/2012).

Propaganda secara berkeliling dengan mobil itu, sambung Budi, hanya sebagai sarana tambahan sosialisasi. Kendati demikian, cara itu dinilai efektif untuk mengajak warga sebab cakupan daerah yang dilalui di Desa Cemani cukup luas. Sedangkan pengumuman resmi kepada warga yakni dengan mengedarkan surat undangan kepada warga yang memiliki hak pilih.

Bahkan bagi warga yang saat hari pencoblosan tidak bisa ijin libur kerja, pihaknya telah menyiapkan surat rekomendasi atau blanko rekomendasi izin ke perusahaan di mana warga tersebut bekerja. “Silakan minta surat rekomendasi kepada panitia kalau memang tidak bisa libur,” terang Budi.

Kendati warga yang mencoblos sangat banyak, Pilkades di Cemani tetap dilaksanakan sebagaimana telah dijadwalkan, yakni mulai pukul 07.00 WIB-13.00 WIB. Agar lebih cepat dalam pemungutan suara, pihaknya menyediakan 10 bilik suara dan enam kotak suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya