SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi (Dok/JIBI/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN—Polres Sleman siap mengeluarkan seluruh kekuatan untuk mengamankan proses pemilihan kepala desa (Pilkades) yang bakal digelar Februari 2014 mendatang. Sejumlah langkah preventif pun mulai dipersiapkan.

Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin berharap dukungan masyarakat demi terlaksananya pilkades dengan aman di wilayah Sleman. Karena itu pihaknya tengah mendorong kesiapan panitia pelaksana untuk dapat mendukung terselenggaranya pelaksanaan pilkades dengan baik. Tujuannya, agar tidak menimbulkan potensi yang mengarah ke gangguan kamtibmas.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Selanjutnya, kata dia, yakni mendorong dan mengajak pemerintah daerah untuk ikut bersama mem-backup Kecamatan Gamping. Pasalnya kecamatan ini sedikit memanas suhu politiknya jelang pilkades. Tak kalah pentingnya, mengajak masyarakat untuk merasa memiliki dan bertanggung jawab demi suksesnya pelaksanaan pilkades.

“Mereka [masyarakat] harus diberdayakan untuk ikut membantu polisi dalam mewujudkan Kamtibmas yang terkendali,” terang Kapolres, akhir pekan lalu.

Ihsan menambahkan kepolisian akan menyiapkan perkuatan maksimal untuk menghadapi giat Pilkades. Perkuatan itu nanti akan bertugas pada langkah preemtif, preventif sampai pada penegakan hukum.

Di wilayah Gamping sendiri, tiap malam ia menggelar giat polres secara terbuka dan tertutup. Nantinya akan di back up dari Polda DIY dan Brimob Polda DIY.

Kegiatan lainnya, kata dia, kepolisian melaksanakan safari kamtibmas kepada masyarakat di wilayah Gamping seperti pendekatan ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya. “Dengan harapan masyarakat bisa membantu suksesnya pilkades,” ujarnya.

Ia mengingatkan prinsip bahwa keamanan dan ketertiban yang terkendali adalah investasi yang sangat berharga dalam mewujudkan pembangunan masyarakat. Selain itu para Babinkamtibmas secara terpadu melaksanakan pembinaan wilayah.

Pelaksanaan pilkades jangan sampai menganggu aktivitas masyarakat lainnya terutama berkaitan dengan keamanan. Pihaknya sangat mendukung terlaksananya pilkades yang aman dan lancar. “Tapi, sebaiknya menang aja umuk, kalah aja ngamuk. Mari kita ciptakan suasana politik secara dewasa dan bijak,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya