SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di enam desa di Bantul, Minggu (14/4/2013), diwarnai dugaan politik uang.

Panitia Pilkades Desa Timbulharjo, Irvan mengungkapkan, modus yang dilakukan salah satu tim sukses peserta Pilkades dengan cara mencegat warga di jalan agar menerima uang suap.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

“Saat warga mau ke TPS dicegat di jalan di kasih uang, itu terjadi di Dusun Gemblangan,” katanya.

Beruntung warga yang hendak disuap menolak dan melaporkan kejadian itu ke Pantia Pilkades. Terlapor, pelapor dan saksi akhirnya dipertemukan di balai desa.

“Sebagian warga sudah sadar kalau politik uang tidak baik,” tuturnya.

Sementara modus politik uang lainnya juga terjadi di Bangunjiwo. Salah satu warga mengatakan, malam sebelum pencoblosan, salah satu calon kepala desa mengundang warga makan-makan di suatu tempat.

“Saya dengarnya begitu pada ramai diundnag makan, pulangnya mungkin di selipkan uang,” kata warga yang mengaku bernama Eko tersebut.

Pilkades serentak diamankan puluhan personel kepolisian di setiap desa, ditambah aparat Satuan Polisi Pamong Praja hingga TNI.

Bupati Bantul Sri Suryawidati juga meninjau ke lapangan untuk memastikan kondisi pelaksanaan Pilkades.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya