SOLOPOS.COM - Ilustrasi (picgifs.com)

Ilustrasi (picgifs.com)

KLATEN – Pemerintah Kecamatan Manisrenggo menyiapkan tim medis di masing-masing desa saat pemilihan kepala desa (pilkades) berlangsung. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan panitia pilkades, calon kepala desa (cakades), tim sukses, saksi dan petugas lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Camat Manisrenggo, Wahyudi Martono, hal tersebut perlu dilakukan mengingat menjelang pilkades, panitia, cakades, tim sukses dan patugas pilkades lainnya kurang istirahat karena menyiapkan pelaksanaan pilkades. Oleh sebab itu, Wahyudi menilai mereka rawan dan rentan terhadap sakit.

“Tim medis ini juga kami siapkan untuk mengantisipasi kalau ada cakades atau istri [cakades] yang tidak siap kalah dan pingsan di tempat pemungutan suara [TPS]. Mengenai rencana ini, kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Manisrenggo. Puskesmas sangat mendukung rencana ini,” ungkap Wahyudi kepada Solopos.com.

Wahyudi menuturkan akan menempatkan minimal dua tenaga medis di masing-masing desa yang mengadakan pilkades. Mengenai penempatan tenaga medis ini, Wahyudi juga mengatakan sudah menyosialisasikan ke masing-masing desa. Desa pun bersedia menyiapkan tempat khusus bagi tim medis tersebut.

Konsultasi dan pemeriksaan ini menurut Wahyudi gratis bagi panitia, cakades, tim sukses, saksi dan petugas lainnya. “Biaya nanti ditanggung pihak puskesmas,” terang Wahyudi.

Waktu kerja tim medis ini pada H-1 dan hari H pilkades (10-11/4). Wahyudi menyatakan ide penempatan tim medis saat pilkades dilatarbelakangi banyaknya orang yang jatuh sakit setelah pelaksanaan pilkades pada pilkades tahun-tahun sebelumnya. “Dulu ada pula panitia yang stroke setelah pelaksanaan pilkades. Oleh karena itu, ini [penematan tim medis di desa] merupakan langkah antisipasi, jangan sampai [pilkades] menyusahkan [sakit] warga yang aktif dalam pelaksanaan pilkades,” ujar Wahyudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya