SOLOPOS.COM - Pelaksaan pilkades Sajen, Trucuk, Klaten, Kamis (11/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Pelaksaan pilkades Sajen, Trucuk, Klaten, Kamis (11/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

KLATEN — Pelaksanaan pilkades di Klaten, Kamis (11/4/2013), terdapat sepasang kakak adik yakni Giyanto dan Ismanto Budi Cahyono, Warga Desa Glagah, Kecamatan Jatinom, memperebutkan jabatan kepala desa (kades) setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Jatinom, Anang Widjadmoko, mengatakan pasangan kakak-adik tersebut bersaing bersama dua calon lainnya yakni Rubadi dan Sumedi Waluyo. Menurutnya, keempatnya merupakan cakades baru.

“Di Desa Glagah kebetulan tidak ada calon incumbent. Kades lama sudah menjabat selama dua periode sehingga tidak diperkenankan mencalonkan kembali,” papar Anang saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Anang menjelaskan, pasangan kakak adik itu sebenarnya masih tinggal satu pekarangan. Keduanya sama-sama memiliki niat bulat untuk mencalonkan diri sebagai kades. Kendati demikian, lanjut Anang, keduanya tetap bersaing secara sportif.

“Risikonya adalah semua anggota keluarganya akan terbelah dalam memberikan dukungan. Demikian pula warga sekitar. Namun demikian, keduanya bersaing secara sportif,” tutur Anang.

Berdasarkan undian nomor urut, sang kakak mendapatkan jatah nomor urut satu atau berlogo padi, sementara sang adik mendapat jatah nomor urut empat atau berlogo kelapa. “Seandainya salah satu dari keduanya bersedia mengalah, barangkali salah satu di antara mereka bisa menang. Namun karena dukungan terpecah, peluang keduanya untuk memenangkan pilkades bisa menipis,” papar Dwi Murwanto, warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya