SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KARANGANYAR-Warga 91 desa di 16 kecamatan di Kabupaten Karanganyar bakal menentukan pemimpin mereka melalui mekanisme pemilihan kepala desa (pilkades), Kamis (21/2/2013).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sedangkan Rabu (20/2) besok merupakan tahap penetapan calon kepala desa dilanjutkan sosialisasi diri atau kampanye. Penjelasan tersebut disampaikan Kabah Pemdes dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Sunarno, saat ditemui wartawan, Selasa (19/2/2013), di kantornya.

Menurut dia warga 91 desa yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) 344.035 orang. Sunarno mengimbau seluruh calon pemilih mendatangi tempat-tempat pemungutan suara untuk menyalurkan hak suara mereka Kamis pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Pendukung atau simpatisan masing-masing calon diminta bersikap santun, tidak saling memprovokasi. Termasuk saat tahap sosialisasi diri atau kampanye Rabu pukul 09.00 WIB hingga malam hari. Pendukung calon kepala desa juga harus mencopot seluruh atribut kampanye menjelang hari berganti.

“Setelah penetapan calon kades Rabu pagi, seluruh calon bisa mensosialisasikan diri kepada masyarakat. Tapi lakukan dengan tertib dan santun, tidak menjelek-jelekkan calon lain. Sebisa mungkin seluruh atribut kampanye dicopot sendiri Rabu malam sehingga pada hari pemungutan suara, Kamis, lingkungan sudah bersih dari atribut,” paparnya.

Sunarno berharap persentase golongan putih atau warga yang tidak menyalurkan hak suara jauh lebih kecil dibandingkan warga yang aktif menentukan siapa pemimpin mereka enam tahun ke depan. Dia juga berharap persentase kerusakan kertas suara bisa diminimalisasi dengan sosialisasi teknis penyaluran suara oleh panitia pilkades tingkat desa.

Terpisah, ratusan personel polisi, TNI dan perlindungan masyarakat (linmas) Kecamatan Gondangrejo, menggelar apel kesiapan pengamanan pilkades, Selasa (19/2) pagi di pelataran kantor kecamatan  setempat.

Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, melalui Kapolsek Gondangrejo, AKP Poniran, menyatakan siap mengamankan pilkades. Sebanyak tujuh calon kades diminta memegang teguh deklarasi bersama untuk menjaga kondusivitas lingkungan dan bertarung secara sehat. Pasukan pengamanan pilkades di Gondangrejo terdiri 26 personel Polsek, enam personel Koramil, serta 180 anggota linmas.

 

Simak ulasannya di : http://digital.solopos.com/file/19022013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya