SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Ayu Prawitasari/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Ayu Prawitasari/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di Karanganyar pada Sabtu (22/12/2012) mencapai 70 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara seluruh panitia pilkades berkomitmen menyukseskan event yang dilaksanakan setiap lima tahun dengan lancar.

Kepala Bagian Pemerintah Desa dan Kelurahan Setda Karanganyar, Sunarno, menyatakan siap menggelar pilkades secara serentak di 55 desa pada Sabtu mendatang. Beberapa tahapan pilkades telah dilaksanakan seperti pendaftaran bakal calon kades, sosialisasi pilkades, pembekalan pilkades kepada camat dan panitia pilkades tingkat desa.

“Persiapan mencapai 70 persen pada H-4, namun kami optimis persiapan rampung saat pemungutan suara,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (18/12/2012).

Selain itu tahap pendataan calon pemilih, penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) dan pengumuman atau sosialisasi DPS juga telah dilaksanakan secara bertahap. Sementara logistik pilkades seperti bilik suara dan kertas suara bakal dikirim pada H-1. Bilik suara pilkades meminjam kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karanganyar.

Mekanisme pilkades dimulai dengan proses pemungutan suara yang dibuka mulai pukul 08.00 WIB. Pemungutan suara ditutup pada pukul 13.00 WIB. Kemudian, panitia pilkades menghitung jumlah suara setiap calon kades dan langsung diumumkan.

Dia menghimbau agar para pendukung setiap calon kades dapat menahan diri dan tidak terpancing isu-isu provokatif yang dapat mengeruhkan situasi keamanan. Setiap calon kades harus siap menerima kekalahan dengan lapang dada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya