Tutup Iklan

PILKADES KARANGANYAR : Perebutan Kursi Kades di 3 Desa Ini Diikuti Pasutri

PILKADES KARANGANYAR : Perebutan Kursi Kades di 3 Desa Ini Diikuti Pasutri

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Pilkades Karanganyar, tiga pasangan suami istri bersaing di tiga desa.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Perebutan jabatan kepala desa kades lewat pemilihan kepala desa (pilkades) di tiga desa di Karanganyar diwarnai persaingan pasangan suami istri.

Informasi yang diperoleh Solopos.com dari Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Karanganyar, tiga desa tersebut yaitu Klodran (Colomadu), Petung (Jatiyoso), dan Kaliboto (Mojogedang).

Di sisi lain, Pilkades Butuh, Kecamatan Ngargoyoso, diramaikan persaingan antara ayah dan anak. Pemungutan suara akan digelar serentak di 11 desa pada 30 November 2016.

Informasi itu disampaikan Kasubag Perangkat Lembaga Desa dan Kelurahan Bagian Pemdes Setda Karanganyar, Dwi Wahyuningsih, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler, Senin (31/10/2016). "Secara aturan tak ada larangan, dibolehkan," ujar dia.

Dwi menjelaskan pilkades serentak tahun ini digelar di 11 desa. Persiapan pilkades di 10 desa masuk tahap penyusunan berita acara calon kades.

Sedangkan tahapan Pilkades Ngadiluwih, Matesih, sedikit lebih lambat lantaran startnya tidak bersamaan. Ngadiluwih diikutkan pilkades gelombang pertama lantaran kadesnya meninggal dunia.

"Ngadiluwih tahap pelengkapan berkas calon kalau tidak salah. Sudah ada calonnya, tiga orang," kata dia.

Dwi terus berkeliling memantau persiapan pilkades serentak. Plt Kabag Pemdes dan Kelurahan Setda Karanganyar, Zulfikar Hadidh, saat dihubungi Solopos.com secara terpisah, Senin, mengatakan tidak ada larangan bagi suami-istri untuk mengikuti pilkades.

"Tidak ada larangan dalam ketentuan atau persyaratan calon kades. Secara umum persiapan pilkades tak ada masalah," ujar dia.

Hadidh meminta semua pihak menaati aturan main pilkades. Masyarakat diimbau memilih calon kades yang mampu membawa kemajuan desa ke depannya.

"Pilih yang bisa membawa ke arah kemajuan. Pilihlah sesuai hati nurani masing-masing," kata dia.

Ketua Komisi A DPRD Karanganyar, Bagus Selo, meminta sosialisasi penyelenggaraan pilkades diintensifkan. Tujuannya, pilkades berlangsung aman, tertib, jujur, dan transparan.

Banyak aturan baru terkait teknis penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat desa itu. "Sosialisasi harus dioptimalkan, agar tak muncul masalah di kemudian hari," ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.