SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR-Pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II di Kabupaten Karanganyar yang akan digelar di 91 desa pada Kamis (21/2/2013) depan akan diikuti 209 calon.

Sebanyak 60 calon di antaranya berstatus sebagai incumbent atau petahana, 27 calon tunggal dan 24 calon  perempuan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi tersebut diperoleh Solopos.com dari data Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Kamis (14/2/2013). Calon kepala desa perampuan bakal bertarung di 20 desa.

Ekspedisi Mudik 2024

Tiga calon kades perempuan di antaranya terdapat di Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu. Bila dipersentase, jumlah calon kades perempuan hanya sekitar 11 persen dari keseluruhan calon kades. Angka tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan jumlah calon kades perempuan pada pilkades tahap I yang hanya delapan orang.

Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Sunarno, optimistis pilkades tahap II berlangsung sesuai jadwal. Pasalnya persiapan penyelenggaraan pilkades sudah berjalan sesuai tahapan. Dia meminta para calon kades bersaing secara sehat tanpa menggunakan uang politik maupun politik hitam dengan cara memfitnah lawan politik mereka.

Pasalnya tindakan semacam itu bisa memancing reaksi fisik pendukung calon lain kades. Untuk menjamin penyelenggaraan pilkades yang aman dan tertib, Pemkab Karanganyar menggandeng jajaran Polres setempat. Di samping juga backup aparat TNI dan pasukan perlindungan masyarakat (linmas).

“Jaga kondusivitas, jangan memprovokasi,” harapnya.

Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, menyatakan pasukannya sudah siap mengawal penyelenggaraan pilkades. Metode pengamanan masih menggunakan rayonisasi yang mengedepankan jajaran polsek untuk deteksi dini dan penyelesaian konflik. “Bila terjadi konflik kami kedepankan jajaran rayon untuk selesaikan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya