SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkades (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Rencana pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Galur, Kulonprogo akhirnya terkatung-katung akibat larangan pelaksanaan pemilihan sepanjang 2014 oleh Menteri Dalam Negeri. Tiga desa yang pelaksanaan Pilkadesnya sudah dekat yaitu Nomporejo, Banaran dan Kranggan. Dari ketiga desa itu, Banaran justru sudah mempersiapkan secara matang.

Pembentukan panitia Pilkades sudah dilakukan. Hasilnya panitia sudah melakukan sosialisasi ke semua dusun terkait proses pemilihan. Rencananya, akhir November pendaftaran sudah dibuka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejauh ini baru ada satu kandidat yang sudah memantapkan diri maju dalam pemilihan, yakni calon incumbent, Dwi Haryanto yang masih berkeinginan menjadi Kades setempat. “Kami sudah lakukan sosialisasi ke dusun-dusun. Tapi peraturan Mendagri setelah itu turun, ya sudah akhirnya mundur jadi 2015,” ujar Narmodo kepada Harian Jogja, Rabu (20/11/2013).

Camat Galur, Latnyana sempat mengusulkan untuk memajukan jadwal pelaksanaan Pilkades. Usulannya Pilkades Banaran bisa terlaksana pada pertengahan Desember. Hanya aturan Mendagri tetap tidak bisa untuk memaksakan itu. Kendati pemilihan akan berlangsung Desember tapi pelantikannya akan tetap jatuh di Januari 2014.

“Sudah tidak bisa lagi kendati sekadar untuk melakukan pelantikan. Jadi ya mengikuti aturan saja. Nanti tugas Kades akan dilakukan pelaksana teknis,” papar Latnyana terpisah.

Dia menambahkan, selain Banaran ada dua desa yang pelaksanaan Pilkadesnya berdekatan. Dua desa tersebut adalah Nomporejo dan Kranggan. Berbeda dengan Banaran, dua desa itu belum melakukan pembentukan panitia Pilkades.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya