SOLOPOS.COM - Camat Colomadu, Joko Budi Utomo memberi sambutan padfa acara pelantikan ketua tim penggerak PKK Disa Malangjiwan dan Gawanan di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, akhir pekan kemarin. ( Iskandar/JIBI/SOLOPOS)


Camat Colomadu, Joko Budi Utomo, memberi sambutan pada acara pelantikan ketua tim penggerak PKK Disa Malangjiwan dan Gawanan di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, akhir pekan kemarin. (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) yang rencananya digelar pada 21 Februari 2013, suhu politik di Kecamatan Colomadu, Karanganyar meningkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Colomadu, Joko Budi Utomo mengakui pihaknya telah menangkap sinyal-sinyal gesekan antarkelompok tertentu.

“Biasanya pilkades itu sering kali menimbulkan konflik antara pihak-pihak tertentu. Karena itu muspika harus siap siaga 24 jam,” ujar dia ketika memberi sambutan pelantikan tim penggerak PKK Desa Malangjiwan dan Gawanan, Kecamatan Colomadu, akhir pekan kemarin.

Terkait rawannya konflik itu Joko mengajak seluruh warga meminimalisasi terjadinya gesekan yang kerap kali menimbulkan keresahan masyarakat. Oleh sebab itu pihaknya meminta kesediaan seluruh warga agar tidak mudah terpancing hal-hal yang bisa memperkeruh suasana. Menurut dia guna menciptakan suasana kondusif di wilayahnya, peran serta masyarakat amat penting.

“Tanpa batuan seluruh warga, ketenteraman masyarakat tidak akan tercipta,” ujar dia.

Lebih lanjut Joko mengemukakan di wilayahnya akan ada enam desa yang melaksanakan pilkades. Karena itu pihaknya berharap seluruh warganya ikut menyukseskan perhelatan tersebut dan perangkat desa diharuskan netral.

Menyinggung soal pilkades Gedongan, menyusul adanya protes sejumlah warga terhadap kepemimpinan kades Tri Wiyono, Camat Colomadu menyatakan pilkades tetap akan digelar. Kecuali, papar dia, kasus yang saat ini ditangani kepolisian menyebabkan status Tri berubah dan mengakibatkan tak terpenuhinya salah satu syarat yang harus dimiliki calon kades. Jika hal itu terjadi, papar Joko, keikutsertaan Tri bisa digugurkan.

Pada bagian lain acara pelantikan ketua tim penggerak PKK Desa Malangjiwan, Indarwati dan Gawanan, Hari Kiki Ani di Aula Kecamatan Colomadu berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya