Pilkades Boyolali Siap Digelar, Para Calon Sudah Ditetapkan
Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, BOYOLALI -- Penyelenggaraan Pilkades serentak 2020 ini sudah sampai pada tahap penetapan calon kepala desa (kades) dari masing-masing desa penyelenggara. Pada 15 Agustus nanti direncanakan sudah dilakukan penyampaian undangan kepada para pemilih.

Sesuai jadwal tahapan pilkades serentak gelombang pertama 2020 Kabupaten Boyolali, pada Senin (10/8/2020), dilakukan penetapan bakal calon kades menjadi calon kades. Pada hari yang sam juga dilakukan pengundian nomor urut calon kades.

6 Maling Motor Dibekuk Polres Boyolali, Ada Emak-Emak dan Anak Di Bawah Umur

"Saat ini desa sedang proses [penetapan calon kepala desa]," kata Kabid Bina Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Candra Irawan, kepada Solopos.com, Senin (10/8/2020).

Sesuai jadwal yang ada, proses penetapan calon kades tersebut hanya dijadwalkan satu hari saja. Sedangkan untuk jadwal selanjutnya, adalah penyampaian undangan kepada para pemilih. Tahapan tersebut dijadwalkan mulai 15 Agustus hingga 25 Agustus 2020. Pada 21-22 Agustus sudah dilakukan tahapan kampanye.

Diketahui ada 11 desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak di Boyolali pada 26 Agustus nanti. Di antaranya adalah Desa Suroteleng, Kecamatan Selo; Desa Ngenden, Kecamatan Ampel; Desa Babadan, Desa Nglembu, Desa Sambi, dan Desa Trosobo di Kecamatan Sambi; Desa Kalangan, Kecamatan Klego; Desa Ngablak, Kecamatan Wonosamodro; Desa Dologan, Kecamatan Karanggede; serta Desa Bawu dan Desa Klewor di Kecamatan Kemusu.

Camat Kemusu, Sumarno, membenarkan jika pada Senin telah dilakukan penetapan calon kades di Desa Bawu dan Desa Klewor. "Calon sudah selesai. Untuk Desa Klewor calon yang ditetapkan, nomor 1 adalah Sudarno, nomor 2 ada Budi Manto dna nomor 3 ada Paimin. Untuk calon Kepala Desa Bawu, nomor 1 ada Tri Surono, nomor 2 ada Rudi Gunawan, nomor 3 ada Jumiko dan nomor 4 ada Mulyanto," kata fia kepada Solopos.com, Senin.

2 Acara Hajatan di Cepogo Boyolali Dibatalkan Setelah Didatangi Tim Gugus Tugas Covid-19

Pilkades Boyolali

Camat Karanggede, Ari Wahyu Prabowo, juga mengatakan penetapan calon Kades Dologan telah dilakukan Senin. "Untuk urutan calon, yang nomor 1 ada Sukarman, nomor 2 ada Aris Hermawan Listiyono, nomor 3 ada H. Warji dan nomor 4 ada Sugeng Riyanto," jelas dia.

Di Kecamatan Sambi, ada empat desa yang menggelar pilkades. Camat Sambi, Purnawan Raharjo, menyampaikan jika masing-masing desa penyelenggara telah mentapkan calon kepala desanya. Ada satu desa yang hanya memiliki dua calon kades, namun ada yang hingga memiliki empat calon kades.

Desa Babadan memiliki dua calon kades. Nomor 1 adalah S. E. Suliswanto dan nomor 2 adalah Sigit Raharjo. Desa Nglembu memiliki tiga calon kades. Calon nomor 1 atas nama Bernadus Eko Adi Prasongko, calon nomor 2 atas nama Rudi Aris Setyawan dan calon nomor 3 ada Sutoto.

Desa Sambi memiliki empat calon kades. Untuk calon nomor 1 ada Agus Warsito, calon nomor 2 Sukir, calon nomor 3 Agus Wahyono dan calon nomor 4 Panggih Handriyo.

Warga Boyolali, Ini Kata Sekda Tentang Kegiatan Malam Tirakatan 17 Agustus

Sedangkan Desa Trosobo juga memiliki empat calon kades. Calon nomor urut 1 ada Suradi, nomor 2 ada Joko Budi Utomo, nomor 3 ada Hartaya dan nomor 4 ada Basari.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom