SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Kerusuhan bermula saat terdapat kader dari satu kubu yang sama namun pada akhirnya ikut kubu yang lain.

Harianjogja.com, BANTUL—Kerusuhan terjadi di sejumlah titik pelaksanaan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 22 desa di Bantul. Tiga Desa di Bantul yaitu Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, dan Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo terjadi kerusuhan usai penghitungan suara pada Minggu (23/10/2016) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Keterangan Pj Kepala Desa Jatimulyo Sunoto, Kerusuhan yang terjadi di Desa Jatimulyo, tepatnya Dusun Dodogan mengakibatkan satu warung makan dibakar masa, dan satu warung angkringan dirobohkan. Dia mengatakan dalam kericuhan tersebiut tidak ada korban jiwa.

Dia menduga kerusuhan bermula saat terdapat kader dari satu kubu yang sama namun pada akhirnya ikut kubu yang lain. Akibatnya masa yang kecewa terhadap salah seorang kader yang dituduh sebagai musuh dalam selimut tersebut melampiaskan kekecewaanya dengan melakukan aksi membakar warung makan dan merobohkan satu warung angkringan.

Massa salah satu pendukung yang kecewa menuduh salah seorang masa yang membelot tersebut mengakibatkan kekalahan bagi calon kepala desa yang mereka dukung. Dalam perhitungan hasil suara yang didapatkan kubu yang mereka dukung hanya berselisih 42 suara dari pemenang.

“Sekarang kondisinya sudah tenang sementara. Nanti akan kami selesaikan antar tokoh masyarakat di dusun masing-masing sehingga harapanya nanti masalahnya bisa selesai.” Jelasnya kepada wartawan Minggu (23/10/2016) petang.

Menurut pantaun Harian Jogja selain kerusuhan yang terdapat di Desa Jatimulyo, terdapat desa lain yang juga terjadi kerusuhan. Di Desa Trimulyo bentok antar pendukung juga nyaris pecah saat salah satu masa pendukung melakukan pawai dengan mengeber-geber motor mereka. Hal serupa juga terjadi di Desa Argomulyo yang malah sempat terjadi bentrokan antar pendukung yang sampai mengakibatkan salah seorang pendukung mengalami luka-luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya