SOLOPOS.COM - Anggota Komisioner KPU Jateng, M. Hakim Junaidi (dua dari kiri), menjadi narasumber tunggal di acara sosialisasi peraturan kampanye Pemilukada di ruang Aula Kantor KPU Wonogiri, Kamis (6/8/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Pilkada Wonogiri, KPU menyiapkan satu TPS di Rutan Wonogiri

Solopos.com, WONOGIRI--Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyiapkan satu tempat pemungutan suaran (TPS) di Rumah Tahanan (Rutan) Wonogiri pada pelaksanaan Pilkada nanti. Melalui fasilitas tersebut diharapkan semua warga Wonogiri bisa menggunakan hak pilihnya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Komisioner KPU Wonogiri, Agoes Wibowo, mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Rutan Wonogiri untuk menyiapkan TPS tersebut. Menurutnya TPS tersebut dibutuhkan agar warga Wonogiri yang sedang menjalani hukuman juga bisa menggunakan hak pilihnya. “Sebab mereka kan tidak boleh keluar untuk datang ke TPS di luar Rutan. Untuk itu kami siapkan satu TPS di dalam Rutan Wonogiri,” kata dia saat ditemui wartawan di Kantor KPU belum lama ini.

Sedangkan untuk memfasilitasi masyarakat yang sedang di rawat di rumah sakit, KPU akan melibatkan petugas TPS terdekat. “Kami tidak menyiapkan TPS khusus. Tapi untuk pasien di rumah sakit nanti akan diakomodir oleh TPS yang ada di sekitar rumah sakit,” kata dia. Agoes mengatakan pada pelaksanaan Pilkada tahun ini KPU menyiapkan 2.030 TPS yang tersebar di semua wilayah di Wonogiri.  “Tapi untuk jumlah biliknya, saat ini masih menunggu petunjuk teknisnya,” kata dia.

Dia sisi lain dia mengatakan untuk daftar pemilih sementara (DPS) direncanakan akan ditentukan pada awal September. Saat ini, sambungnya, proses pemutakhiran data masih berlangsung sampai 19 Agustus. “Setelah itu data akan direkap sampai 26 Agsutus,” kata dia

Sementara itu Kepala Rutan Wonogiri, Oga Geovani Darmawan, membenarkan terkait penyiapan TPS tersebut. “Sudah ada koordinasi untuk TPS tersebut. Nantinya di dalam Rutan akan didirikan satu TPS, yaitu TPS 13,” kata dia saat dihubungi Espos belum lama ini. Oga menjelaskan saat ini jumlah tahanan di Rutan Wonogiri hampir mencapai 300 orang. Tapi dari jumlah tersebut yang memiliki hak suara para Pilkada Wonogiri nanti hanya 112 orang. “Tapi ada kemungkinan pada pelaksanaannya nanti, data tersebut berubah. Ada kemungkinan bertambah maupun berkurang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya