PILKADA WONOGIRI 2015 : PKB Kantongi Lima Nama Cabup

PILKADA WONOGIRI 2015 : PKB Kantongi Lima Nama Cabup

SOLOPOS.COM - Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Wonogiri 2015 dari PKB sudah mengantongi lima nama cabub.

Solopos.com, WONOGIRI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wonogiri belum menentukan arah koalisi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini. Namun, untuk nama calon bupati (cabup), PKB sudah mengantongi lima nama, salah satunya Danar Rahmanto.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Wonogiri, Muchlas, mengatakan telah menyurvei secara internal cabup yang akan diusung dalam pilkada nanti. Dari hasil survei itu PKB mengantongi lima cabup. Dia enggan menyebut kelima nama itu.

“Dari kelima cabup hasil survei PKB yang jelas ada nama Bupati Danar Rahmanto,” ujar Muchlas saat ditemui wartawan di Wonogiri, Rabu (20/5/2015).

Dia mengatakan kelima nama cabup itu sudah digodok dari tingkat bawah. Bahkan para sesepuh, kader, dan kiai juga mendukung kelima cabup hasil survei internal PKB.

“Indikator survei PKB dalam memilih pemimpin Wonogiri adalah berpihak pada rakyat, memiliki program yang selalu pro rakyat, dan mampu menyejahterakan rakyat kecil,” kata dia.

Mengenai koalisi karena sisi perolehan kursi di DPRD PKB tak memenuhi syarat mengajukan calon secara mandiri, Muchlas mengatakan sampai saat ini belum menentukan akan merapat ke mana. Dia mengakui ada enam partai politik (parpol) yang intens berkomunikasi dengan PKB. Namun, sampai detik ini PKB belum ambil keputusan.

“Boleh saja ada parpol yang mengklaim PKB akan merapat ke koalisi PDIP dan Golkar karena mereka salah satu parpol yang intens berkomunikasi dengan kami. Parpol lain jika ada yang mengajak koalisi kami juga terbuka,” kata dia.

Dia mengatakan penentuan koalisi bukan berdasarkan besarnya peluang menang lebih pada figur calon bupati yang diusung, yakni yang dinilai memiliki jiwa pemimpin, bukan penguasa.

“Dua pekan ke depan dari lima cabup hasil survei internal akan dipilih satu orang yang akan didukung maju dalam pilkada Wonogiri,” papar dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan sangat terbuka menerima parpol mana saja untuk berkoalisi di pilkada Wonogiri. “PDIP membuka pintu lebar kepada parpol mana pun untuk bergabung bersama-sama memajukan Wanogiri,” kata dia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Menhub Prediksi Banyak Pemudik Tunda Balik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi para pemudik yang semula diperkirakan mencapai puncak, Minggu (16/5/2021), menunda balik.

1 Orang Meninggal Positif Covid-19, Warga Pelemgadung Sragen Sterilkan Lingkungan

Warga Pelemgadung, Karangmalang, Sragen, bergotong royong mensterilkan kampung menyusul satu warganya meninggal positif Covid-19.

Waspada! Kasus Kematian Covid-19 di Sleman Mencapai 434 Orang

Lonjakan kasus kematian warga Sleman akibat Covid-19 terjadi selama dua hari lebaran.

Royalti, Radio, dan Pandemi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi sabtu, 8 Mei 2021. Esai ini karya Ariyanti Mahardina, freelancer yang pernah bekerja di radio dan kini masih aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Solo.

Banyak Pelanggaran Prokes Di Mal, Satgas Covid-19 Sukoharjo Tegur Pengelola

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo memberikan teguran kepada pengelola mal terkait masih banyaknya pelanggaran prokes seperti kerumunan.

Taklukkan Sirkuit Le Mans, Jack Miller Juara MotoGP Prancis 2021

Cuaca di kawasan sirkuit Le Mans berubah-ubah dari cerah menjadi hujan, dan kembali cerah saat balapan berlangsung.

Zidane Tinggalkan Real Madrid di Akhir Musim

Zidane disebut mulai mengumbar keinginannya mundur saat bertemu dengan pemain pada 8 Mei 2021.

Selepas Lebaran, Vaksin Warga Lansia Di Kota Solo Tak Sampai 80%

Banyaknya warga lansia yang takut menjadi salah satu penyebab program vaksinasi lansia tak mencapai target.

Pedagang di Cemara Kandang Karanganyar Protes Warungnya Sepi Karena Penyekatan

Pedagang di Cemara Kandang, Karanganyar, merasa terganggu dengan penyekatan yang dilakukan petugas. Mereka khawatir dagangan mereka tak laku karena penyekatan tersebut.

Objek Wisata di Batang Ditutup, Segini PAD Yang Diprediksi Hilang

Objek wisata di Batang sempat buka yakni pada Kamis kemarin (13/05) hingga Sabtu (15/05).

Dikelola Masyarakat, Insiden Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo Harus Jadi Pelajaran

Perahu wisata di Waduk Kedung Ombo dikelola masyakarat. Polres Boyolali meminta insiden perahu terbalik menjadi pelajaran agar pengelola lebih memperhatikan aspek keselamatan di lokasi wisata.

Benarkah Pria dan Wanita Sulit Sekadar Bersahabat?

Penelitian tentang pria dan wanita sulit bersahabat ini diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships.