Tutup Iklan

PILKADA WONOGIRI 2015 : Belum Punya Kesekretariatan, Panwaslu Tak Dapat Cairkan Dana

PILKADA WONOGIRI 2015 : Belum Punya Kesekretariatan, Panwaslu Tak Dapat Cairkan Dana

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada Wonogiri 2015  yang akan diselenggarakan akhir tahun ini, tapi Panwaslu belum memiliki kesekretariatan. Akibatnya, Panwaslu tidak dapat mencairkan dana hibah.

Solopos.com, WONOGIRI — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Wonogiri tidak dapat mencairkan dana hibah Panwaslu senilai Rp4,444 miliar. Hal itu karena Panwaslu belum punya tenaga kesekretariatan.

Ketua Panwaslu Wonogiri, Isnawanti Sholihah, mengatakan Panwaslu butuh lima orang di kesekretariatan. Tenaga kesekretariatan sangat penting karena berkaitan dengan tugas administratif dan keuangan.

“Kesekretariatan Panwaslu butuh lima orang untuk kepala sekretariat, bendahara, dan tiga orang staf,” ujar Isnawati saat ditemui Solopos.com di Gedung PGRI Wonogiri, Jumat (8/5/2015).

Dia mengatakan kepala kesekretariatan Panwaslu harus dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS). Panwaslu sudah meminta bantuan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri untuk menugasi seorang PNS menjadi kepala kesekretariatan Panwaslu.

“Kami ingin bergerak cepat karena tahapan pilkada semakin dekat. Tapi karena belum tenaga kesekretariatan, kami tidak bisa berbuat banyak,” kata dia.

Menurut Isnawanti, BKD kesulitan mencari PNS untuk mengisi kesekretariatan Panwaslu. Alasannya, jumlah PNS di Wonogiri sangat kurang. Dia menargetkan pertengahan Mei 2015 sudah ada PNS yang ditunjuk.

“Kami berharap jabatan kesekretariatan segera terisi. Jika dibiarkan kosong dalam jangka waktu lama akan mengganggu organisasi,” ujar Isnawati.

Dia menjelaskan tugas kesekretariatan itu akan dibantu enam orang dari kalangan non-PNS. Enam orang itu untuk tenaga administrasi, petugas kebersihan (cleaning service), petugas keamanan, dan tiga anggota staf teknis. Enam orang untuk menjalankan tugas-tugas itu saat ini sudah ada.

Isnawanti mengatakan karena belum ada tenaga kesekretariatan, Panwaslu tidak bisa mencairkan dana hibah senilai Rp4,444 miliar dari APBD 2015. Dana itu dibutuhkan untuk perjalanan dinas, operasional kesekretariatan, kegiatan sosialisasi, hingga rapat organisasi.

“Tanggal 11-15 Mei, kami akan membuka perekrutan panwascam [pengawas pemilu kecamatan],” kata dia.

Setelah itu dilanjutkan dengan perekrutan pengawas pemilu lapangan (PPL) dan pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Syarat menjadi anggota panwascam, PPL, dan pengawas TPS tidak ada perubahan dibandingkan pemilu sebelumnya.

Terpisah, Kepala BKD Wonogiri, Rumanti Permanandyah, mengakui sulit mencari PNS untuk mengisi posisi di kesekretariatan Panwaslu. Hal itu karena jumlah PNS di Wonogiri terbatas.

“PNS yang ditugaskan di Panwaslu syaratnya tidak boleh menduduki jabatan struktural,” kata dia.

Pada bagian lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mengadakan ujian tertulis untuk calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Gedung PGRI Wonogiri, Jumat. Ujian itu diikuti 218 orang.

“Hasil ujian tertulis akan diumumkan pada 9-10 Mei di 25 kantor kecamatan. Peserta yang lolos langsung mengikuti tes wawancara pada 11-14 Mei di Kantor KPU,” ujar Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Seorang perempuan yang bekerja sebagai buruh dan tinggal seorang diri ditemukan membusuk di kamar indekosnya di Grogol, Sukoharjo.

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini: Italia Vs Wales, Swiss Vs Turki

Piala Eropa atau Euro 2020 kembali bergulir pada Minggu (20/6/2021). Jadwal pertandingan menunjukkan duel Italia vs Wales dan Swiss vs Turki di Grup A.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Prediksi Italia vs Wales: Tim Biru Tak Peduli Rekor, Wales Tak Mau Disepelekan

Wales tampaknya tak mau disepelekan dari Italia yang sudah menapak babak 16 Besar sehingga pelatihnya tergoda menurunkan unit keduanya.

Klaster Hajatan Belum Rampung, Sudah Muncul Klaster Baru di Madiun

Belum selesai penanganan klaster Covid-19 hajatan di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, kini muncul klaster baru di Kabupaten Madiun, yakni di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan.

Grobogan Perketat Mobilisasi Warga, Penyekatan Digalakkan

Satgas Covid-19 Kabupaten Grobogan memperketat mobilisasi warga dengan operasi penyekatan dan penyemprotan disinfektan di area publik.