SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

Pilkada Temanggung akan digelar 2018 mendatang.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengusulkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2018 sebanyak Rp22,5 miliar.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Kami sudah usulkan ke Pemerintahan Kabupaten Temanggung dan DPRD untuk saving dana pilkada 2018 mulai 2016 , 2017 dan 2018,” kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmoko di Temanggung, Selasa (8/9/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menuturkan setiap tahun KPU mengusulkan agar saving dana Rp7,5 miliar, jadi total anggaran untuk Pilkada 2018 senilai Rp22,5 miliar.

Ia mengatakan jumlah anggaran tersebut dirasa cukup karena Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2018 bersamaan dengan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng sehingga ada sharing pembiayaan dengan KPU Provinsi Jateng.

“Perlu diketahui bahwa usulan anggaran tersebut berupa pagu, jadi tidak harus habis. Bila tidak habis dikembalikan ke Pemda, seperti Pilkada 2013 pagu anggarannya sama Rp22,5 miliar namun yang terpakai sekitar Rp9 miliar sisanya kami kembalikan,” katanya.

Ia mengatakan pada Pilkada 2018 ada penambahan pembiayaan yang meningkat cukup signifikan yaitu untuk biaya kampanye dan honorarium penyelanggara. Dana kampanye mencapai 15 persen dari total anggaran sedangkan honorarium mencapai 30 persen.

“Sesuai peraturan dalam pilkada saat ini , kampanye paslon dibiayai oleh KPU dari pembuatan dan pemasangan alat peraga sehingga ada peningkatan alokasi dana yang cukup tajam di bagian tersebut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya