SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Sukoharjo 2020. (Dok Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sembilan partai politik atau parpol sudah menyatakan sikap mendukung pasangan calon bupati-calon wakil bupati Joko Paloma Santosa-Wiwaha Aji Santoso atau Joswi pada Pilkada Sukoharjo 2020.

Sementara pada kubu pasangan calon Etik Suryani-Agus Santosa mengantongi rekomendasi dari empat parpol termasuk dari pengusungnya yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sembilan parpol pendukung Joswi terdiri atas tiga parpol pemilik kursi DPRD Sukoharjo dan enam parpol nonparlemen yang tidak punya kursi DPRD.

Warga Kedungsono Sukoharjo Tuntut Pemecatan Perangkat Desa Diduga Selingkuh

Parpol pendukung/pengusung Joswi pada Pilkada Sukoharjo 2020 pemilik kursi DPRD yakni Partai Gerindra, PAN, dan PKS. Gabungan ketiga parpol itu memiliki 15 kursi DPRD Sukoharjo.

Sedangkan enam parpol nonparlemen yang mendukung Joswi yakni Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Juga Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Partai Gelora yang baru mendapat pengesahan dari Kemenkumham pada awal Juni lalu bahkan sudah menyerahkan rekomendasi dari DPP ke pasangan Joswi.

6 Parpol Nonparlemen Pastikan Dukung Joswi Maju Pilkada Sukoharjo 2020

Optimisme Tinggi

Kendati masih baru, Partai Gelora mengklaim memiliki kader yang tersebar pada setiap kecamatan. Para kader parpol ini menyatakan siap bergerak menggalang dukungan untuk memenangkan Joswi di Pilkada Sukoharjo 9 Desember 2020.

Sementara itu pada kubu pasangan calon bupati-calon wakil bupati Etik Suryani-Agus Santosa atau Etik-Agus atau EA ada empat parpol yang sudah menyatakan dukungan.

Keempat parpol itu semuanya sudah menyerahkan rekomendasi dari DPP masing-masing kepada Etik-Agus. Pertama adalah PDIP sebagai pengusung, kemudian Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan terbaru Partai Golkar.

45 Warga Lansia Sukoharjo Terkonfirmasi Covid-19, Lebih Banyak Ketimbang Anak-Anak dan Remaja

Partai Golkar baru menyerahkan rekomendasi dari DPP kepada pasangan Etik-Agus pada akhir pekan lalu. Gabungan empat parpol pendukung Etik-Agus pada Pilkada Sukoharjo 2020 memiliki total 27 kursi parlemen.

Ketua DPC PDIP Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, menargetkan mampu meraih minimal 70 persen pada Pilkada Sukoharjo, 9 Desember 2020. Optimisme tinggi itu menguat setelah pasangan EA mengantongi empat rekomendasi partai.

Para kader berlambang banteng moncong putih bakal bersinergi dengan kader partai lain untuk menyosialisasikan figur pasangan EA kepada masyarakat. “Rekomendasi PKB memang belum turun namun arah politiknya bergabung dengan kami. Kami optimistis mampu meraih 70 persen suara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya