SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Sukoharjo 2020. (Dok Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Hasil real count Pilkada Sukoharjo 2020 versi PDIP, Rabu (9/12/2020), menempatkan pasangan cabup-cawabup Etik Suryani-Agus Santosa atau EA unggul tipis atas lawannya, Joswi.

Dari hasil penghitungan tersebut, EA unggul di delapan kecamatan, meliputi Baki, Bulu, Gatak, Grogol, Polokarto, Sukoharjo, Tawangsari, dan Weru. Tiga kecamatan lainnya dimenangi pasangan Joko Paloma Santosa-Wiwaha Aji Santosa atau Joswi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga kecamatan itu yakni Bendosari, Kartasura, dan Nguter. Sementara satu kecamatan sisanya hasilnya imbang antara EA dan Joswi. Kecamatan itu yakni Mojolaban.

Raup 86,45% Persen Suara Pilkada Solo 2020, Gibran-Teguh Gagal Tumbangkan Rekor Jokowi-Rudy

Ekspedisi Mudik 2024

Total perolehan suara pasangan EA dari hasil real count versi PDIP dari total 1.775 TPS atau 100% yakni 266.589 suara atau 53,35%. Perolehan suara pada Pilkada Sukoharjo itu, EA unggul dari Joswi yang memperoleh 233.106 suara atau 46,65%.

Keunggulan EA dari Joswi yang tidak mencapai 10% ini terbilang tipis. Berdasarkan pencermatan Solopos.com dari hasil real count versi PDIP di Pilkada Sukoharjo itu, EA unggal dengan selisih suara paling banyak di Kecamatan Bulu perolehan 67,49% dibandingkan perolehan suara Joswi sebesar 32,51%.

Sujud Syukur

Sedangkan selisih paling tipis antara EA dengan Joswi yakni di Grogol, di mana EA meraih 51,13% suara sedangkan Joswi 48,87% suara. Etik Suryani langsung sujud syukur begitu mengetahui hasil real count DPC PDIP Sukoharjo itu, Rabu sore.

Hasil Real Count Pilkada Sukoharjo Versi Joswi: EA Unggul Sangat Tipis, Ini Angkanya

Langkah Etik menjadi Bupati Sukoharjo menggantikan suaminya, Wardoyo Wijaya, semakin dekat. "Alhamdulillah saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih ke masyarakat Sukoharjo. Ini artinya perjuangan kita selama ini tidak sia-sia," kata dia.

Etik mengaku tak bisa berkata-kata dengan perolehan kemenangan tersebut. Etik juga meminta para pendukung EA untuk tidak melakukan euforia berlebihan lantaran belum ditetapkan menang. Apalagi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Sementara itu, sang suami, Wardoyo Wijaya, yang juga Ketua DPC PDIP Sukoharjo, mengatakan akan mengawal hasil perolehan suara sampai ke KPU. Dia mengatakan hasil real count yang dilakukan DPC PDIP merupakan data riil perhitungan suara di masing-masing TPS.

5 Hari Sebelum Meninggal, Ustaz Muin Sempat Live Facebook Dari RS, Ini Pesan-Pesannya

Data tersebut diinput oleh saksi yang ada di masing-masing TPS melalui aplikasi EA Akurat. Aplikasi ini khusus dibuat untuk menghitung suara. "Jadi data perolehan suara ini riil. Tidak ada manipulasi karena data yang diinput dari perolehan suara di masing-masing TPS," katanya.

Rekapitulasi KPU

Pada sisi lain, Ketua Tim Kampanye Joswi, Eko Sapto Purnomo, pun mengatakan akan menunggu hasil rekapitulasi KPU untuk memastikan kalah atau menang pada Pilkada Sukoharjo.

Sapto menghormati hasil hitung cepat atau quick count suara dari berbagai sumber. Namun, tim kampanye Joswi tetap menunggu hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara dari KPU Sukoharjo.

Duh! Pengawas TPS 31 Nusukan Solo Tiba-Tiba Ambruk Saat Penghitungan Suara Pilkada 2020

Sapto meminta para sukarelawan dan simpatisan Joswi agar mengawal proses penghitungan suara oleh penyelenggara pemilu. "Kami akan menunggu dan mengawal proses penghitungan suara yang dilakukan KPU Sukoharjo," katanya, Rabu malam.

Persentase perolehan suara EA dan Joswi per kecamatan berdasar hasil hitung cepat PDIP Sukoharjo:
Kecamatan Baki
- EA: 58,36
- Joswi: 41,64
Kecamatan Bendosari
- EA: 48,35
- Joswi: 51,55
Kecamatan Bulu
- EA: 67,49
- Joswi: 32,51
Kecamatan Gatak
- EA: 60,52
- Joswi: 39,48
Kecamatan Grogol
- EA: 51,13
- Joswi: 48,87
Kecamatan Kartasura
- EA: 46,43
- Joswi: 53,57
Kecamatan Mojolaban
- EA : 50,00
- Joswi: 50,00
Kecamatan Nguter
- EA: 45,84
- Joswi: 54,16
Kecamatan Polokarto
- EA: 51,23
- Joswi: 48,77
Kecamatan Sukoharjo
- EA: 54,42
- Joswi: 45,58
Kecamatan Tawangsari
- EA: 61,42
- Joswi: 38,58
Kecamatan Weru
- EA: 59,27
- Joswi: 40,73

Sumber: Hasil Real Count Tim Pemenangan EA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya