Pilkada Sukoharjo 2020: Ketat, Perolehan Suara EA vs Joswi Beda Tipis! Ini Angkanya
Ilustrasi Pilkada Sukoharjo 2020. (Dok Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO – Perolehan suara dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Sukoharjo Etik Suryani-Agus Santosa alias EA dan Joko Paloma-Wiwaha Aji Santosa alias Joswi beda tipis. Berdasarkan hasil real count PDIP, Rabu (9/12/2020) sore, pasangan EA lebih unggul.

Merujuk real count, pasangan nomor urut satu unggul tipis dengan perolehan 53,35 suara persen. Sementara pasangan cabup-cawabup Joko Santosa “Paloma” dan Wiwaha Aji Santosa (Joswi) sebesar 46,65 persen. Sedangkan suara tidak sah 25.186.

Sementara hasil penghitungan suara di kubu Joswi saat ini beelum selesai. Berdasarkan  data yang diperoleh Solopos.com, pukul 16.45 WIB, total suara yang masuk ada 70,08% atau berasal dari 1.244 TPS di Sukoharjo. Hasil penghitungan itu juga menunjukkan EA menang tipis denngan perolehan 180.119 suara atau 50,996%. Sedangkan Joswi mendapat 173.321 suara atau 49,04%.

Real Count PDIP: EA Menang Pilkada Sukoharjo 2020

Sebelumnya Joko Paloma sempat mengklaim Joswi unggul di tujuh kecamatan di Sukoharjo. Hal itu dia sampaikan saat menggunakan hak pilih di TPS 14, Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.

“Banyak masyarakat yang menginginkan perubahan di segala aspek kehidupan. Gelombang perubahan benar-benar semakin tinggi saat pilkada. Survei kami, pasangan Joswi unggul di tujuh kecamatan di Sukoharjo,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Sedangkan hasil penghitungan PDIP menunjukkan pasangan EA keok di tiga kecamatan, meliputi Kartasura, Nguter dan Bendosari. Proses perhitungan suara PDIP tersebut digelar di dua lokasi, yakni kediaman pribadi Etik Suryani di Solo Baru dan Agus Santosa di Toriyo, Bendosari.

Kesaksian Petugas Tol Saat Penembakan 6 Anggota Laskar FPI: Banyak Ambulans Berseliweran

Secara teknis data perolehan suara diinput dari saksi di masing-masing TPS. Saksi memasukkan data perolehan suara EA, Joswi dan tidak sah. Selain menginput data saksi juga melampirkan foto Plano. Dengan demikian data yang ditampilkan real count.

Hingga pukul 16.45 WIB, semua data dari 1.775 TPS di Sukoharjo sudah masuk dan menunjukkan pasangan  EA menang. Wawan mengatakan perolehan suara pasangan EA jauh dari target yang ditetapkan sebesar 75 persen. Namun demikian perolehan suara tersebut tak jauh dari survei internal PDIP terakhir pada November 2020 lalu.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom