Tutup Iklan

PILKADA SUKOHARJO 2015 : Didik Rusidyanto Siap Maju Lewat Jalur Independen

PILKADA SUKOHARJO 2015 : Didik Rusidyanto Siap Maju Lewat Jalur Independen

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada Sukoharjo 2015 bakal diramaikan dengan calon bupati dari jalur independen yakni Didik Rusdiyanto.

Solopos.com, SUKOHARJO Ketua Forum Komunikasi LSM Sukoharjo, Didik Rusdiyanto, berniat maju sebagai calon bupati (cabup) melalui jalur independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukoharjo, 9 Desember 2015. Dia bakal menggandeng seorang pengusaha bisnis properti asal Sukoharjo yang kini berdomisili di Jakarta.

Tak main-main, Didik mematok target dapat mengumpulkan 5.000-6.000 fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Sukoharjo di masing-masing kecamatan. Pengumpulan fotokopi KTP itu sebagai syarat mutlak cabup-cawabup jalur independen yang maju pada pesta demokrasi terbesar di Kabupaten Jamu tersebut.

Setiap cabup-cawabup jalur peresorangan wajib mengumpulkan dukungan berupa fotokopi KTP dari 66.437 orang atau 7,5 persen dari total jumlah penduduk Sukoharjo. Jumlah total penduduk Sukoharjo tercatat sebanyak 885.823 jiwa.

Didik mengaku telah menyebar sukarelawan di setiap desa dan kecamatan. Para sukarelawan menjadi ujung tombak pengumpulan dukungan.

“Insya Allah, saya optimitis mampu memenuhi persyaratan maju sebagai cabup pada pilkada mendatang. Teman-teman [sukarelawan] sudah bergerak mencari dukungan,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (27/5/2015).

Dia mengaku telah menggalang dukungan dari berbagai lapisan masyarakat sejak beberapa bulan lalu. Jaringan sukarelawan di setiap kecamatan telah dibentuk menjelang pilkada.

Didik berniat maju sebagai cabup lantaran membanjirnya dukungan dari sebagian kalangan masyarakat di Sukoharjo. Masyarakat menginginkan perubahan mendasar untuk membangunan Sukoharjo secara komprehensif. Mereka tak ingin menjadi korban janji-janji politik yang didengungkan partai politik (parpol) selama pilkada.

“Masyarakat sudah bosan dengan janji politik yang tak pernah ditepati. Saya maju sebagai cabup karena dukungan masyarakat cukup banyak,” papar dia.

Disinggung mengenai kans atau peluang menghadapi cabup-cawabup yang diusung parpol, Didik mengungkapkan masyarakat sudah pintar memilih pemimpin. Masyarakat tidak akan mudah dibohongi dengan janji-janji.

Ditemui terpisah, Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih dan Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Ahmad Muladi, mengatakan penyerahan berkas persyaratan calon dari jalur independen dilakukan pada 11-15 Juni. Dukungan tersebut akan diverifikasi petugas panitia pemungutan suara (PPS).

“Setiap pasangan cabup-cabup jalur independen wajib mengumpulkan dukungan yang tersebar di lebih dari 50 persen jumlah wilayah kecamatan. Artinya, dukungan harus tersebar minimal di tujuh kecamatan,” katanya. 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.