SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada Sragen 2015 diikuti oleh empat pasangan calon.

Solopos.com, SRAGEN — Agenda pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) Sragen 2015 kian dekat. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen mengakui keteteran menggarap pemenangan pasangan Sugiyamto-Joko Saptono (Suko) di daerah pemilihan (dapil) V.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dapil V Sragen meliputi Kecamatan Sambungmacan, Gondang, dan Sambirejo. Pelaksana harian (Plh.) Ketua DPC PDIP Sragen, Nuniek Sri Yuningsih, saat dihubungi , Rabu (28/10/2015), mengatakan tantangan yang dihadapi di dapil lainnya juga sulit tetapi tantangan di Dapil V itu terlalu besar.

Dalam kegiata road show di Dapil V beberapa waktu, kata Nuniek, ada protes dari struktur Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang merasa tidak disentuh.

“Kalau diskor itu dari start awal dapil lainnya itu sudah mendapat skor dua tetapi di Dapil V masih nol. Kemudian setelah digarap, di dapil lainnya bisa naik ke skor tiga sedangkan di Dapil V mau naik ke skor satu saja susah. Persoalannya ya ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal ya jujur saja antara pengampu dapil dan ketua PAC tidak gathuk [sinkron],” kata Nuniek yang juga Ketua Tim Pemenangan Suko.

Nuniek mengaku faktor-faktor penghambat itu bisa diatasi di dapil lainnya tetapi di Dapil V agak kesulitan. Dengan tingkat kesulitan tersebut, Nuniek mengatakan PDIP fokus serius menggarap Dapil V.

Mantan Ketua DPC PDIP Sragen, Bambang Samekto, juga mengaku kesulitan bergerak di Dapil V karena medannya sulit dan berat. Popularitas calon lain, kata Bambang, lebih lama mengakar di dapil itu berdasarkan faktor historis, geografis, dan hubungan kekerabatan.

Dia menyebut Surojogo, Agus Fatchur Rahman dan Dedy Endriyatno memiliki keluarga besar di Dapil V. “Sebenarnya PDIP selalu menang di dapil itu. Pada pilkada ini pun kami optimistis menang di Dapil V,” ujarnya.

Juru bicara Tim Pemenangan Jaka Sumanta-Surojogo (Jago), Rus Utaryono, menyatakan Dapil V menjadi prioritas pemenangan Jago karena calon wakil bupati (cawabup) Jago ada di Gondang. Sedangkan Dapil II dan III menjadi garapan calon bupati (cabup) Jaka Sumanta.

“Tingkat kedekatan dengan calon itu menjadi prioritas pemenangan. Kami jelas memasang target kemenangan di Dapil V. Bahkan berdasarkan survei internal, Jago unggul di Gondang dan Sambirejo. Hasil survei itu di luar prediksi kami,” kata Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Anggota tim pemenangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriyatno (Yuni-Dedy), Anggoro Sutrisno, mengatakan tim Yuni-Dedy memasang target kemenangan di setiap dapil termasuk di Dapil V, VI, dan I. Anggoro menyatakan tim Yuni-Dedy yang gerak tidak sekadar mesin Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tetapi juga para sukarelawan yang bergerak di luar struktur partai.

Ketua Tim Pemenangan Agus Fatchur Rahman-Djoko Saptono (Amanto), Suharno W.D., percaya diri dengan pemenangan yang akan diraih Amanto. Dia mengklaim unggu di sejumlah dapil, termasuk di Dapil V dan I.

“Pertarungan di Dapil V tidak begitu ketat ya relatif bisa berjalan dengan baik. Sebenarnya semua calon itu berat bagi Amanto karena menjadi rival dalam pilkada,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya