SOLOPOS.COM - Calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Sragen, Jaka Sumanta (dua dari kiri) dan Surojogo (tiga dari kanan) berjalan bersama seusai prosesi panggih di Jembatan Gawan. Kecamatan Tanon, Sragen, Rabu (22/7). Pasangan Jago dideklarasikan di masjid tertua di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Pilkada Sragen 2015 sudah mendeklarasikan pasangan Jago.

Solopos.com, SRAGEN – Koalisi Sragen Baru (KSB) mendeklarasikan pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati Sragen, Jaka Sumanta-Surojogo (Jago), Rabu (22/7/2015). Deklarasi pasangan ini unik karena mengambil tempat di jembatan dan masjid tertua di Sragen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jago yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Hanura, optimistis menang. Prosesi deklarasi diawali dengan prosesi panggih (pertemuan) antara pendukung Jaka Sumanta dan pendukung Surojogo, di Jembatan Gawan, Tanon.

Selanjutnya, di Jembatan Gawan perwakilan dua rombongan menyerahkan pasangan Jago kepada pimpinan partai yang tergabung dalam KSB. Jembatan Gawan dimaknai sebagai simbol pemersatu dua wilayah besar di Sragen.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah itu, pasangan Jago berjalan kaki menuju Masjid Butuh di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh. Masjid ini diklaim sebagai masjid tertua di Sragen. Tampak hadir Ketua DPC PKB Sragen, Mukafi fadli; Ketua DPC PPP Sragen, Rus Utaryono; Ketua DPC Partai Hanura Sragen, Dhani Nur Sugama; dan pengurus DPD PAN Sragen, Ngadiman.

“Di masjid tertua di Sragen ini pasangan Jago dan rombongan melakukan salat. Setelah itu rombongan berziarah ke Makam Jaka Tingkir yang tak jauh dari masjid,” kata Dhani Nur Sugama.

Sekretaris DPD PAN Sragen, Agus Suyanto, tampak memantau dari sisi luar kerumunan massa. Dia terkesan menutup diri dengan tetap memakai helm serta penutup mulut dan hidung. Kepada wartawan, Agus menyatakan sedang tidak enak badan sehingga terpaksa menggunakan masker.

Namun, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jago, Mukafi Fadli, menyatakan KSB solid. Menurut dia, rekomendasi cabup-cawabup untuk pasangan Jago segera turun. “Surat rekomendasi jatuh untuk pasangan Jago. Tinggal menunggu waktu. Dalam waktu dekat turun,” kata dia.

Mukafi mengatakan Jaka Sumanta juga sedang berproses mendapatkan rekomendasi di PAN. Jaka satu-satunya figur yang tengah berpacu mendapatkan rekomendasi dari PAN.

Nama pendaftar lain di PAN yaitu Agus Farchur Rahman, menurut Mukafi, tidak diajukan ke DPP PAN. Dia menerangkan nama Agus urung diajukan ke DPP karena dia sempat membantah dirinya mendaftar sebagai cabup melalui DPD PAN Sragen.

“Kami optimis urusan rekomendasi tinggal menunggu waktu saja. Saat ini kami fokus pemenangan pasangan Jago,” sambung dia.

Sementara itu, di kalangan pengurus dan kader PKB, Mukafi mengklaim kompak mendukung pasangan Jago. Dia juga meyakini warga nahdliyin akan ramai-ramai memilih pasangan Jago.

Pernyataan senada disampaikan juru bicara KSB, Rus Utaryono. Menurut dia, parpol di KSB akan all out memenangkan pasangan Jago. Apalagi, KSB mendapatkan banyak apresiasi dari kalangan birokrat tentang kepemimpinan yang ideal.

“Birokrat Sragen sudah lelah dengan ketidakakuran pasangan bupati dan wakil bupati. Fenomena tersebut berlangsung belasan tahun. Pasangan Jago bakal menjadi solusi terhadap masalah itu. Kami pastikan pasangan ini akan guyub rukun saat memimpin,” kata dia.

Rus menambahkan Jago juga mempunyai keunggulan lain sebagai pasangan bupati dan wakil bupati. Hal itu karena Jago merepresentasikan bersatunya masyarakat Sragen utara dan Sragen selatan. Sungai Bengawan Solo yang membelah Sragen disebut sebagai media pemersatu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya