SOLOPOS.COM - Ilustrasi daftar pemilih pemilihan umum. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Sragen 2015 diliputi persoalan adanya 900 pemilih yang tercecer dari DPT.

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 900-an pemilih di Bumi Sukowati belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ratusan pemilih yang tercecer itu akan didata KPU dan diakomodasi dalam daftar pemilih tambahan tahap I (DPTb-1). KPU berencana menggelar rapat pleno untuk menetapkan DPTb-1 tersebut, Selasa (27/10/2015).

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Sragen, Ibnu Prakosa, saat ditemui Senin (26/10/2015), mengatakan berdasarkan laporan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih ada pemilih yang tercecer dan belum masuk dalam DPT sebanyak 900-an orang.

Dia mengatakan PPS akan menyisir mereka dan ditetapkan dalam DPTb-1 yang dilaksanakan berjenjang.

Ratusan pemilih yang belum masuk DPT itu menyebar di 273 tempat pemungutan suara atau 16% daro total TPS sebanyak 1.644 lokasi dan 111 desa/kelurahan yang berada di 19 kecamatan. Dia menyebut hanya Kecamatan Gesi yang tidak dijumpai pemilih tercecer.

“Banyaknya pemilih tercecer itu karena faktor keterbatasan tenaga manusia. Setelah DPTb-1 ditetapkan dan masih ada pemilih yang tercecer tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) di TPS terdekat. Mereka akan dicatat dalam DPTb-2,” ujar dia.

Selain itu, Ibnu mengingatkan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar lebih selektif karena kemungkinan banyak penduduk yang menggunakan formulir A-5 karena pindah penduduk.

Pelayanan formulir A-5 itu bisa dilayani di KPU maksimal H-10 dan di PPS pada H-3 sebelum pemungutan suara 9 Desember 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya